MANAJEMEN PEMBELAJARAN YANG KREATIF PADA MATA PELAJARAN SAINS FISIKA DI SMP NEGERI 3 KARTASURA

INDARYANTI , ROSITA BUDI (2006) MANAJEMEN PEMBELAJARAN YANG KREATIF PADA MATA PELAJARAN SAINS FISIKA DI SMP NEGERI 3 KARTASURA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
Q100040125.pdf

Download (119kB)
[img] PDF
Q100040125.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (701kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan dan memberikan gambaran yang jelas tentang manajemen pembelajaran yang kreatif pada mata pelajaran sains Fisika SMP Negeri 3 Kartasura. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, yang mengandalkan metode wawancara dan pengamatan secara langsung. Analisisnya menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Penelitian ini menghasilkan temuan : pertama, manajemen pembelajaran yang kreatif merupakan suatu manajemen atau pengelolaan seluruh komponen pembelajaran di dalam kelas yang bertujuan untuk mengembangkan cara berpikir siswa yang kreatif. Beberapa fungsi manajemen pembelajaran ini melalui 4 tahap yaitu perencanaan pembelajaran, pengorganisasian pembelajaran, pengawasan pembelajaran dan pengevaluasian hasil pembelajaran. Kedua, keberhasilan pendidikan dengan manajemen pembelajaran yang kreatif mata pelajaran sains Fisika dipandang dari sudut pencapaian tujuan pendidikan dapat terlihat dari metode pembelajaran yang saat ini dikembangkan di sekolah, diantaranya dengan : (1) memahami sifat yang dimiliki siswa, (2) mengenal siswa secara perorangan, (3) memanfaatkan perilaku siswa dalam pengorganisasian belajar, (4) mengembangkan kemampuan berpikir kritis, kreatif dan kemampuan memecahkan masalah, (5) mengembangkan ruang kelas sebagai lingkungan belajar yang menarik, (6) memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar, (7) memberikan umpan balik yang baik untuk meningkatkan kegiatan belajar, dan (8) membedakan antara aktivitas fisik dan aktivitas mental. Manajemen pembelajaran yang kreatif yang telah diterapkan oleh para guru bidang studi khususnya sains Fisika di SMP Negeri 3 Kartasura adalah : (1) guru merancang dan mengelola kbm yang mendorong siswa untuk berperan aktif dalam pembelajaran, (2) guru menggunakan alat bantu dan sumber belajar yang beragam, (3) guru memberi kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan ketrampilan, (4) guru memberi kesempatan kepada siswa untuk mengungkapkan gagasannya sendiri secara laisan atau tertulis, (5) guru menyesuaikan bahan dan kegiatan belajar dengan kemampuan siswa, (6) guru mengaitkan KBM dengan pengalaman siswa sehari-hari, dan (7) menilai KBM dan kemajuan belajar siswa secara terus menerus.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: manajemen pembelajaran, kreatif, sekolah menengah pertama.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 05 Jun 2010 05:01
Last Modified: 15 Nov 2010 05:16
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7293

Actions (login required)

View Item View Item