UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN BERNALAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN AKTIF KREATIF EFEKTIF DAN MENYENANGKAN (PAKEM) ( PTK Pembelajaran Matematika Kelas V di SD N Pabelan III)

Rahmawati, Eni Nur (2008) UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN BERNALAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN AKTIF KREATIF EFEKTIF DAN MENYENANGKAN (PAKEM) ( PTK Pembelajaran Matematika Kelas V di SD N Pabelan III). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A410040170.pdf

Download (114kB)
[img] PDF
A410040170.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (708kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa melalui model pembelajaran aktif kreatif efektif dan menyenangkan (PAKEM) dapat meningkatkan kemampuan bernalar siswa dalam proses pembelajaran matematika. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas V SD Negeri Pabelan III yang berjumlah 21 siswa. Subyek pelaksana tindakan adalah peneliti sedangkan subyek yang membantu dalam perencanaan dan pengumpulan data adalah guru kelas dan kepala sekolah. Data dikumpulkan melalui metode observasi, tes, dokumentasi, dan catatan lapangan. Analisis data secara deskriptif kualitatif dilakukan dengan metode alur yang terdiri atas reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan bernalar secara berarti. Hal ini dapat dilihat dari kemampuan bernalar siswa dalam mengerjakan soal-soal dari 42,86% sebelum tindakan menjadi 85,71% pada akhir tindakan, kemampuan dalam mengemukakan ide dari 19,05% sebelum tindakan menjadi 71,43% pada akhir tindakan, dan kemampuan dalam menarik kesimpulan dari 14,29% sebelum tindakan menjadi 61,90% pada akhir tindakan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan model PAKEM dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan kemampuan bernalar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan bernalar, model pembelajaran aktif kreatif efektif dan menyenangkan (PAKEM).
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 05 Dec 2008 03:00
Last Modified: 02 Jan 2012 09:56
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/728

Actions (login required)

View Item View Item