Suwarni, Suji (2008) UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI POLA INTERAKTIF BERBASIS PORTOFOLIO (PTK Pada Siswa Kelas IV SDN 02 Bumiharjo Winong Pati). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF
A410030073.pdf Download (196kB) |
|
PDF
A410030073.pdf Restricted to Repository staff only Download (983kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika melalui pola interaktif berbasis portofolio. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 02 Bumiharjo Winong Pati yang berjumlah 24 siswa, sebagai pelaksana adalah peneliti yang dibantu oleh guru matematika, dan kepala sekolah. Data dikumpulkan melalui metode observasi, review, dan dokumentasi. Analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Data dianalisis sejak tindakan pembelajaran dilakukan, kemudian proses analisis data dikembangkan secara deskriptif dengan mencari daya serap siswa melalui latihan soal dalam setiap putaran. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa ada peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika setelah diterapkan pola interaktif berbasis portofolio yang meliputi: 1) keaktifan bertanya meningkat dari 20,83% menjadi 70,83%; 2) keaktifan mengemukakan pendapat meningkat dari 16,66% menjadi 66,66%; 3) keaktifan mengerjakan soal meningkat dari 45,83% menjadi 80,75%; 4) keaktifan mengerjakan soal didepan kelas meningkat dari 33,33% menjadi 75%. Jadi dengan penerapan pola interaktif berbasis portofolio dapat meningkatkan keaktifan siswa kelas IV SDN 02 Bumiharjo Winong Pati dalam pembelajaran matematika.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keaktifan, pola interaktif, portofolio |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 05 Dec 2008 02:55 |
Last Modified: | 31 Jan 2011 06:36 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/727 |
Actions (login required)
View Item |