EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR DENGAN BANTUAN POWER POINT DITINJAU DARI AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 MIRI SRAGEN

Hapsari, Yunita Dwi (2008) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR DENGAN BANTUAN POWER POINT DITINJAU DARI AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 MIRI SRAGEN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A410040018.pdf

Download (122kB)
[img] PDF
A410040018.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : ( 1 ) Perbedaan prestasi belajar ditinjau dari penggunaan media gambar dengan bantuan Power Point pada pokok bahasan lingkaran. (2) Perbedaan prestasi belajar ditinjau dari aktivitas belajar siswa pada pokok bahasan lingkaran. (3) Interaksi antara media dan aktivitas belajar siswa terhadap prestasi belajar pada pokok bahasan lingkaran. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Miri tahun ajaran 2007 – 2008. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode test, metode angket dan metode dokumentasi. Teknik analisis yang di gunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis variansi dua jalur dengan sel tidak sama yang sebelumnya dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Dari analisis variansi dua jalan dengan sel tidak sama pada α = 5% diperoleh : (1) Fhitung = 8,325 > Ftabel = 3,970 berarti ada perbedaan prestasi belajar yang signifikan antara siswa yang diberi pengajaran dengan media gambar dengan bantuan Power Point dan metode konvensional, (2) Fhitung = 10,696 > Ftabel = 3,120 berarti ada perbedaan prestasi belajar yang signifikan ditinjau dari aktivitas belajar siswa, (3) Fhitung = 6,998 > Ftabel = 3,120 berarti terdapat interaksi antara media gambar dengan bantuan Power Point dan aktivitas belajar siswa terhadap prestasi belajar. Penelitian ini menyimpulkan bahwa ada perbedaan prestasi belajar antara siswa yang diberi pengajaran menggunakan media gambar dengan bantuan Power Point dengan siswa yang diberi pengajaran dengan metode konvensional, ada perbedaan prestasi belajar ditinjau dari aktivitas belajar siswa, terdapat interaksi antara media gambar dengan bantuan Power Point dan aktivitas belajar siswa terhadap prestasi belajar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, media gambar, Power Point, aktivitas
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 05 Dec 2008 02:33
Last Modified: 31 Jan 2011 06:36
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/726

Actions (login required)

View Item View Item