PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE PEER LESSON DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA (PTK Kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Surakarta Tahun Ajaran 2009/2010)

Kusumawardani , Rita (2010) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE PEER LESSON DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA (PTK Kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Surakarta Tahun Ajaran 2009/2010). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410060237.PDF

Download (102kB)
[img] PDF
A410060237.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah 1) mendeskripsikan peningkatan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe peer lesson dan 2) mendeskripsikan peningkatan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe peer lesson. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIIA SMP Muhammadiyah 2 Surakarta yang berjumlah 36 siswa, sedangkan obyek penelitian ini adalah peningkatan keaktifan dan prestasi belajar siswa. Data dikumpulkan melalui observasi, catatan lapangan, tes, dan dokumentasi. Untuk menjamin validitas data digunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan 1) Adanya peningkatan keaktifan belajar siswa yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator keaktifan: (a) memperhatikan penjelasan guru sebelum tindakan 69,44% dan setelah tindakan 94,44%, (b) bekerjasama dalam kelompok sebelum tindakan 0% dan setelah tindakan 77,78%, (c) mendengarkan dengan baik ketika teman berpendapat sebelum tindakan 33,33% dan setelah tindakan 66,67%, (d) mengemukakan ide atau pendapat sebelum tindakan 2,78% dan setelah tindakan 13,89%, (e) mempresentasikan hasil diskusi kelompok sebelum tindakan 0% dan setelah tindakan 55,56%, (f) menanggapi atau mengajukan pertanyaan sebelum tindakan 2,78% dan setelah tindakan 47,22%, (g) mengerjakan soal di depan kelas sebelum tindakan 11,11% dan setelah tindakan 36,11%. 2) Adanya peningkatan prestasi belajar siswa yang dapat dilihat dari hasil tes tertulis yang dilakukan sebelum dan sesudah penelitian. Sebelum adanya tindakan, siswa yang mendapat nilai ≥ 60 sebanyak 12 siswa 33,33% dengan rata-rata kelas 54,3 dan setelah tindakan sebanyak 32 siswa 88,89% dengan rata-rata kelas 73,17. Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran matematika melalui strategi pembelajaran aktif tipe peer lesson mampu meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peer Lesson, Keaktifan siswa, Prestasi belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 02 Jun 2010 09:11
Last Modified: 13 Nov 2010 05:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7257

Actions (login required)

View Item View Item