IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN SAVI ( SOMATIC, AUDITORY, VISUALIZATION, INTELLECTUALY ) SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA BANGUN DATAR LINGKARAN (PTK pada siswa kelas VIII semester 2 SMP Muhammadiyah 2 Surakarta )

PURWANINGSIH , PURWANINGSIH (2010) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN SAVI ( SOMATIC, AUDITORY, VISUALIZATION, INTELLECTUALY ) SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA BANGUN DATAR LINGKARAN (PTK pada siswa kelas VIII semester 2 SMP Muhammadiyah 2 Surakarta ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410060217.PDF

Download (33kB)
[img] PDF
A410060217.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan Penelitian Tindakan Kelas ini adalah 1) mendiskripsikan peningkatan motivasi siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran SAVI 2) mendiskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran SAVI. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII C SMP Muhammadiyah 2 Surakarta sejumlah 42 siswa, sedangkan obyek penelitian adalah motivasi dan hasil belajar siswa. Data dikumpulkan melalui metode observasi, catatan lapangan, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara diskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian adalah 1) Adanya peningkatan motivasi siswa yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator motivasi yang meliputi (a) antusiasme siswa dalam belajar sebelum tindakan 47,6 % dan setelah tindakan 90,4 %, (b) mendengarkan penjelasan guru sebelum tindakan 59,5% dan setelah tindakan 95,2 %, (c) memberikan tanggapan dari guru atau siswa lain sebelum tindakan 11,9 % dan setelah tindakan 54,7 %, (d) menjawab pertanyaan dari guru atau siswa lain sebelum tindakan 16,7 % dan setelah tindakan 59,5 %, (e) menanyakan yang belum jelas sebelum tindakan 9,5 % dan setelah tindakan 52,4 %. 2) Adanya peningkatan hasil belajar siswa yang dapat dilihat dari hasil tes tertulis yang dilakukan sebelum dan sesudah penelitian. Sebelum adanya tindakan siswa yang mendapat nilai ≥ 60 sebanyak 13 siswa ( 30,95 %) dengan rata-rata kelas 59,07 dan di akhir putaran sebanyak 35 siswa ( 83,3 % ) dengan rata-rata kelas 71,7. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran SAVI dapat meningkatkan motivasi siswa sehingga berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran SAVI, motivasi siswa, hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 02 Jun 2010 09:08
Last Modified: 13 Nov 2010 05:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7256

Actions (login required)

View Item View Item