PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP SEGI EMPAT DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH ( PTK di SMP Muhammadiyah 13 Wonosegoro Tahun Ajaran 2009 / 2010 )

ASTRIANA , RIKA (2009) PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP SEGI EMPAT DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH ( PTK di SMP Muhammadiyah 13 Wonosegoro Tahun Ajaran 2009 / 2010 ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410060204.PDF

Download (84kB)
[img] PDF
A410060204.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

dalam pembelajaran matematika melalui strategi pembelajaran index card match. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 13 Wonosegoro yang berjumlah 35 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep segi empat dalam pembelajaran melalui strategi pembelajaran index card match. Hal ini dapat dilihat dari 1) Keaktifan siswa mengerjakan soal-soal yang diberikan guru sebelum diadakan tindakan sebesar 34,29% dan setelah tindakan meningkat menjadi 74,29%, 2) Menjawab pertanyaan guru atau mengerjakan soal ke depan kelas sebelum diadakan tindakan sebesar 14,29% dan setelah tindakan meningkat menjadi 65,71%, 3) Memberikan tanggapan tentang jawaban siswa lain sebelum diadakan tindakan sebesar 11,43% dan setelah tindakan meningkat menjadi 42,86%, 4) Mengajukan ide/tanggapan pada guru sebelum tindakan sebesar 8,57% dan setelah tindakan meningkat menjadi 31,43%, 5) Membuat kesimpulan dari materi yang dibahas sebelum tindakan sebesar 25,71% dan setelah tindakan meningkat menjadi 71,43%. Hasil tes tertulis yang dilakukan sebelum dan sesudah penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa yang mencapai nilai ≥ 65. Sebelum adanya tindakan kelas hasil belajar siswa hanya mencapai daya serap 25,71% dan setelah tindakan meningkat menjadi 71.43%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran index card match dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa sehingga berdampak pada peningkatan hasil belajar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: peningkatan, konsep, pembelajaran.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 02 Jun 2010 09:05
Last Modified: 13 Nov 2010 05:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7255

Actions (login required)

View Item View Item