IMPLEMENTASI COOPERATIVE LEARNING DENGAN METODE SCRAMBLE SEBAGAI USAHA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA (PTK Kelas VII SMP Al Islam 1 Surakarta Tahun Ajaran 2009/2010)

AZIZAH , AZIZAH (2010) IMPLEMENTASI COOPERATIVE LEARNING DENGAN METODE SCRAMBLE SEBAGAI USAHA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA (PTK Kelas VII SMP Al Islam 1 Surakarta Tahun Ajaran 2009/2010). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410060199.PDF

Download (49kB)
[img] PDF
A410060199.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (990kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) meningkatkan motivasi belajar siswa, dan 2) meningkatkan prestasi belajar siswa SMP Al Islam 1 Surakarta melalui cooperative learning dengan metode scramble. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penerima tindakan adalah siswa-siswi kelas VII-H SMP Al Islam 1 Surakarta tahun ajaran 2009/2010 yang berjumlah 36 siswa dan subyek pemberi tindakan adalah peneliti yang bekerja sama dengan guru matematika kelas VII-H SMP Al Islam 1 Surakarta. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui metode pokok berupa observasi, dan metode bantu berupa tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan himpunan. Hal ini dapat dilihat dari: 1) adanya hasrat dan keinginan berhasil sebelum tindakan sebesar 16.66% dan di akhir tindakan mencapai 85.71%, 2) adanya penghargaan dalam belajar sebelum tindakan sebesar 8.33% dan di akhir tindakan mencapai 28.57%, 3) adanya kegiatan yang menarik dalam belajar sebelum tindakan sebesar 11.11% dan di akhir tindakan mencapai 42.86%, 4) adanya lingkungan belajar yang kondusif sehingga siswa dapat belajar dengan baik sebelum tindakan sebesar 55.56% dan di akhir tindakan mencapai 77.14%. Hasil tes yang dilakukan sebelum dan di akhir tindakan menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar siswa terlihat dari hasil belajar siswa yang secara tuntas mendapatkan nilai > 56, sebelum tindakan sebesar 19.44% dan di akhir tindakan meningkat menjadi 88.57%. Penelitian ini disimpulkan bahwa penggunaan implementasi cooperative learning dengan metode scramble dapat meningkatkan motivasi belaja

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: cooperative learning, scramble, peningkatan, motivasi belajar, prestasi belajar, pembelajaran matematika.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 02 Jun 2010 09:02
Last Modified: 13 Nov 2010 05:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7254

Actions (login required)

View Item View Item