IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN PRACTICE REHEARSAL PAIRS BERBASIS PORTOFOLIO DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA (PTK Kelas VII SMP Al Islam 1 Surakarta Tahun Ajaran 2009/2010)

DEWI , DESI ROSITA (2010) IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN PRACTICE REHEARSAL PAIRS BERBASIS PORTOFOLIO DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA (PTK Kelas VII SMP Al Islam 1 Surakarta Tahun Ajaran 2009/2010). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410060198.PDF

Download (59kB)
[img] PDF
A410060198.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran matematika dan meningkatkan prestasi belajar siswa melalui strategi pembelajaran praktek berpasangan berbasis portofolio. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-B SMP Al – Islam 1 Surakarta yang berjumlah 33 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara diskriptif kualitatif dengan metode alur yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran matematika melalui strategi pembelajaran praktek berpasangan berbasis portofolio. Hal ini dapat dilihat dari : 1) kemampuan siswa dalam mengemukakan idea tau gagasan sebelum tindakan 15,2%, sesudah tindakan naik menjadi 72,7%, 2) kemampuan siswa dalm menjawab pertanyaan dari guru ataun siswa lain sebelum tindakan sebesar 18,2%, sesudah tindakan naik menjadi 75,8%, 3) keberanian siswa dalam menanyakan yang belum jelas, sebelum tindakan sebesar 12,1%, sesudah tindakan naik menjadi 78,8%, 4) kemampuan siswa dalam mengerjakan soal latihan, sebelum tindakan sebesar 21,2%, sesudah tindakan naik menjadi 84,8%, dan 5) kemampuan siswa dalm mengerjakan dan menjelaskan soal di depan kelas, sebelum tindaka 15,2%, sesudah tindakan naik 75,8%. Hasil tes tertulis yang dilakukan sebelum dan sesudah penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada prestasi belajar siswa terlihat dari hasil belajar siswa yang secara tuntas mendapatkan nilai ≥ 60. Sebelum tindakan kelas prestasi belajar siswa hanya 36,4%, sesudah tindakan prestasi belajar siswa naik menjadi 90,9%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran praktek berpasangan berbasis portofolio dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa sehingga berdampak pada peningkatan prestasi belajar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: berfikir-kritis, strategi-pembelajaran, praktek-berpasangan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 02 Jun 2010 08:59
Last Modified: 13 Nov 2010 05:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7253

Actions (login required)

View Item View Item