PENGARUH METODE RECIPROCAL TEACHING, STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DAN KONVENSIONAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Penelitian Eksperimen Pada Siswa Kelas VII SMP Al-Islam 1 Surakarta)

KUSMIYATI , HENI DWI (2010) PENGARUH METODE RECIPROCAL TEACHING, STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DAN KONVENSIONAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Penelitian Eksperimen Pada Siswa Kelas VII SMP Al-Islam 1 Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410060197.PDF

Download (108kB)
[img] PDF
A410060197.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode reciprocal teaching, student facilitator and explaining dan konvensional terhadap prestasi belajar matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Al-Islam 1 Surakarta. Sampel penelitian diambil sebanyak 112 siswa yang terbagi tiga kelas yaitu 38 siswa untuk kelas eksperimen I, 36 siswa untuk kelas eksperimen II dan 38 siswa untuk kelas kontrol dengan teknik pengambilan sampelnya adalah random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes dan metode dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik anava satu jalan yang sebelumnya dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian, pada taraf signifikansi α = 5%, menunjukkan bahwa metode pembelajaran mempengaruhi prestasi belajar matematika, dalam arti prestasi belajar matematika siswa yang diajar dengan metode reciprocal teaching dan student facilitator and explaining lebih baik daripada yang diajar dengan metode konvensional, tetapi pada metode reciprocal teaching dan student facilitator and explaining prestasi belajar matematika siswa adalah sama.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: reciprocal teaching, student facilitator and explaining, prestasi belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 02 Jun 2010 08:56
Last Modified: 13 Nov 2010 05:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7252

Actions (login required)

View Item View Item