STRATEGI PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH ALAM (Studi Situs Sekolah Alam Ar Ridho Semarang)

NELINDHY , EVE (2010) STRATEGI PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH ALAM (Studi Situs Sekolah Alam Ar Ridho Semarang). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410060166.PDF

Download (98kB)
[img] PDF
A410060166.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (641kB)

Abstract

Tujuan umum dari penelitian ini untuk memaparkan strategi pembelajaran matematika di Sekolah Alam Ar Ridho Semarang. Tujuan khusus memaparkan strategi pengorganisasian materi pembelajaran matematika di Sekolah Alam Ar Ridho Semarang dan memaparkan strategi pengorganisasian interaksi pembelajaran matematika di Sekolah Alam Ar Ridho Semarang. Jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan situs. Informan adalah kepala sekolah, guru, dan siswa SMP Alam Ar Ridho Semarang. Teknik analisis data dilakukan secara interaktif. Keabsahan data digunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian (1) Strategi Pengorganisasian Materi Pembelajaran mengacu pada tiga aspek yaitu pemilihan isi, penataan urutan isi, dan penyajian. Pada aspek pemilihan isi meliputi ilmiah, relevan, memadai, aktual dan konseptual, fleksibel, menyeluruh dikatakan baik karena dari segi silabus yang ada, perencanaan, pelaksanaan, pengevaluasian, dan penilaian telah berfungsi sebagaimana mestinya. Pada penataan urutan isi mencakup konsisten dan bermakna . Penyajiannya dari konkret-abstrak, sederhana-komplek dan bermakna. Kegiatan yang ada konsisten karena terjadi hubungan yang ajek dan taat asas. Dikatakan bermakna karena guru dapat memilih kegiatan pembelajaran yang ada kaitannnya dengan materi pembelajaran. Kegiatan yang ada juga mengaitkan pada kehidupan sehari-hari dan terjadi penganalisaan dalam kegiatan yang berlangsung. Kegiatan disusun secara urut sesuai dengan urutan kesukaran materi serta evaluasi dalam pembelajaran dilakukan dengan baik sehingga timbul pemelajaran yang efektif dan menyenangkan (2) Strategi Pengorganisasian Interaksi Pembelajaran Interaksi antara guru dengan siswa terjadi sangat baik. Peran guru sebagai organisator, motivator, konselor, moderator, motor, pelopor, katalisator dan evaluator dapat tercapai dengan baik dan terjadi hubungan timbal balik sangat berfungsi dengan baik. Kegiatan yang ada menimbulkan interaksi yang baik pula antara siswa dengan siswa yang terjadi di dalam kelas maupun di luar kelas. Kerjasama antar siswa dalam kelas terjadi saat ada salah satu siswa yang sulit dalam menguasai materi teman yang lain membantu mangajari teman tersebut. Diskusi yang terjadi, menimbulkan semangat dalam pembelajaran.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Sekolah Alam, Pengorganisasian, materi, interaksi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 02 Jun 2010 08:38
Last Modified: 13 Nov 2010 05:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7247

Actions (login required)

View Item View Item