PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI ACTIVE LEARNING DENGAN STRATEG INDEX CARD MATCH (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII SMP N I Plupuh Sragen)

PUJIATI, PUJIATI (2010) PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI ACTIVE LEARNING DENGAN STRATEG INDEX CARD MATCH (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII SMP N I Plupuh Sragen). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410060160.PDF

Download (730kB)
[img] PDF
A410060160.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (712kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa melalui active learning dengan strategi index card match. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIIC SMP Negeri 1 Plupuh yang berjumlah 40 siswa, sedangkan subyek pelaksana tindakan adalah peneliti dan guru matematika kelas VII. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode pokok yaitu observasi serta metode bantu meliputi metode tes, catatan lapangan, dokumentasi, dan wawancara langsung. Teknik analisis data yang digunakan deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan 1) Adanya peningkatan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika, meliputi (a) antusias belajar siswa terhadap pelajaran matematika sebelum diberikan tindakan sebesar 20% sesudah tindakan naik mencapai 71,05%, (b) Mendengarkan penjelasan guru saat penyampaian materi ajar sebelum diberikan tindakan sebesar 37,5% sesudah tindakan naik mencapai 89,47%, (c) Menanggapi secara positif dorongan guru atau siswa lain sebelum diberikan tindakan sebesar 15% sesudah tindakan naik mencapai 57,89% dan 2) adanya peningkatan prestasi belajar siswa yang dapat dilihat dari Tercapainya target siswa (KKM) sebelum diberikan tindakan sebesar 57,5% sesudah tindakan mencapai 86,84%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa pembelajaran matematika melalui active learning dengan strategi index card match dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dan prestasi belajar siswa

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: peningkatan, motivasi-belajar, pembelajaran-matematika, active learning, index card match
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 02 Jun 2010 08:35
Last Modified: 13 Nov 2010 05:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7246

Actions (login required)

View Item View Item