PENINGKATAN MOTIVASI BERPRESTASI DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment dan Satisfaction)

Chayati, Tri (2010) PENINGKATAN MOTIVASI BERPRESTASI DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment dan Satisfaction). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410060082.PDF

Download (57kB)
[img] PDF
A410060082.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

matematika siswa selama proses pembelajaran dengan model pembelajaran ARIAS. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMP Negeri 5 Ulujami Pemalang tahun ajaran 2009/ 2010 yang berjumlah 36 siswa. Data dikumpulkan melalui observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Pada penelitian ini analisa data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian tindakan kelas ini adalah 1) Pembelajaran matematika dengan model pembelajaran ARIAS dapat meningkatkan motivasi berprestasi siswa di kelas secara berarti, yang meliputi (a) Siswa yang serius dalam belajar di kelas sebelum tindakan 38,89% menjadi 62,5% setelah tindakan, (b) Keterlibatan siswa dalam pembelajaran sebelum tindakan 30,56% menjadi 59,38% setelah tindakan, (c) Memperhatikan penjelasan guru di kelas sebelum tindakan 66,67% menjadi 93,75% setelah tindakan, (d) Memperhatikan proses penyelesaian soal/ masalah sebelum tindakan 41,67% menjadi 78,13% setelah tindakan, (e) Memperhatikan pendapat siswa lain sebelum tindakan 27,78% menjadi 62,5% setelah tindakan, (f) Antusias dalam belajar sebelum tindakan 41,67% menjadi 81,25%, (g) Menentukan target penyelesaian tugas belajar sebelum tindakan 44,44% menjadi 78,13%, (h) Menanggapi secara positif dorongan guru sebelum tindakan 36,11% menjadi 87,5%. 2) Pembelajaran matematika dengan model pembelajaran ARIAS dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa, yaitu sebelum tindakan rata-rata kelas 4,75 menjadi 7,52 setelah tindakan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut model pembelajaran ARIAS dapat digunakan guru sebagai dasar pelaksanaan kegiatan pembelajaran dalam peningkatan motivasi berprestasi pada peningkatan prestasi belajar matematika siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: motivasi berprestasi, prestasi, ARIAS.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 02 Jun 2010 07:46
Last Modified: 21 Nov 2019 06:45
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7239

Actions (login required)

View Item View Item