IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN STRATEGI LEARNING STARTS WITH A QUESTION DAN STRATEGI QUESTIONS STUDENT HAVE TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI KEAKTIFAN BELAJAR SISWA (Eksperimen Pembelajaran Matematika di Kelas VII SMPN 1 Bendosari)

PUJIASTUTI , GINANJAR (2010) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN STRATEGI LEARNING STARTS WITH A QUESTION DAN STRATEGI QUESTIONS STUDENT HAVE TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI KEAKTIFAN BELAJAR SISWA (Eksperimen Pembelajaran Matematika di Kelas VII SMPN 1 Bendosari). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410060048.PDF

Download (1MB)
[img] PDF
A410060048.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh penggunaan strategi pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika siswa, 2) pengaruh keaktifan siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa, 3) efek interaksi antara strategi pembelajaran dan keaktifan siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bendosari yang terdiri dari tujuh kelas dan sampel siswa sebanyak dua kelas, yaitu kelas VIIE sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 38 siswa, sedangkan kelas kontrol adalah siswa kelas VIIF dengan jumlah 38 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan acak kelompok (cluster random sampling). Metode pengumpulan data adalah metode angket, tes, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis dengan analisis variansi dua jalan dengan frekuensi sel tak sama. Namun sebelumnya dilakukan prasyarat uji analisis yaitu dengan uji normalitas Liliefors dan uji Homogenitas Bartlet. Hasil pengujian hipotesis menggunakan menunjukkan: (i) ada pengaruh penggunaan strategi pembelajaran Learning Starts With A Question dan Questions Student Have terhadap prestasi belajar matematika, (ii) ada pengaruh keaktifan belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika, (iii) tidak terdapat efek interaksi strategi pembelajaran dan keaktifan belajar terhadap prestasi belajar matematika. Lebih lanjut prestasi belajar matematika siswa dengan pembelajaran menggunakan strategi Learning Starts With A Question (LSQ) lebih baik daripada dengan strategi Questions Student Have (QSH), demikian pula ditinjau dari keaktifan belajar siswa, tidak semua tingkat keaktifan belajar

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi pembelajaran, keaktifan belajar, prestasi belajar matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 02 Jun 2010 07:33
Last Modified: 13 Nov 2010 05:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7236

Actions (login required)

View Item View Item