OPTIMALISASI PENGGUNAAN JARIMATIKA UNTUK PENINGKATAN KETRAMPILAN BERHITUNG PEMBAGIAN BILANGAN BULAT POSITIF (PTK Pembelajaran Matematika Kelas III Semester I di SDN Sambiroto 1 Pati)

SARI, LIDIA ANITA (2010) OPTIMALISASI PENGGUNAAN JARIMATIKA UNTUK PENINGKATAN KETRAMPILAN BERHITUNG PEMBAGIAN BILANGAN BULAT POSITIF (PTK Pembelajaran Matematika Kelas III Semester I di SDN Sambiroto 1 Pati). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410060033.PDF

Download (39kB)
[img] PDF
A410060033.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) meningkatkan ketrampilan berhitung siswa pada bidang studi matematika melalui penerapan metode berhitung jarimatika,dan 2) meningkatkan prestasi belajar matematika siswa melalui penerapan metode berhitung jarimatika. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah guru matematika kelas III SD Negeri Sambiroto 1 Pati sebagai subyek pemberi tindakan, sedangkan subyek yang dikenai tindakan adalah siswa kelas III yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui metode observasi, metode tes, dokumentasi dan catatan lapangan. Analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: 1) pembelajaran matematika dengan penerapan metode berhitung jarimatika dapat meningkatkan ketrampilan berhitung siswa, yang meliputi a) kecepatan dalam melakukan perhitungan sebelum dilakukan tindakan sebesar 0 % dan di akhir pelaksanaan tindakan mencapai 83,33%, b) ketepatan siswa dalam melakukan perhitungan sebelum dilakukan tindakan sebesar 6,67 % dan di akhir pelaksanaan tindakan mencapai 70%, c) kebenaran dalam proses pengerjaan sebelum dilakukan tindakan sebesar 6,67 % dan di akhir pelaksanaan tindakan mencapai 76,67%, d) ketelitian dalam melakukan perhitungan sebelum dilakukan tindakan sebesar 13,33 % dan di akhir pelaksanaan tindakan mencapai 83,33%, serta 2) pembelajaran matematika dengan penerapan metode berhitung jarimatika dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa, hal ini terlihat dari banyaknya siswa yang mencapai standart nilai KKM yaitu ≥ 62 sebelum dilakukan tindakan adalah 16,67% dan diakhir pelaksanaan tindakan mencapai 80%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut metode berhitung jarimatika dapat digunakan guru sebagai dasar pelaksanaan kegiatan pembelajaran dalam peningkatan ketrampilan berhitung siswa yang berakibat pada peningkatan prestasi belajar matematika siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Ketrampilan berhitung, metode jarimatika, prestasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 02 Jun 2010 07:19
Last Modified: 13 Nov 2010 05:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7232

Actions (login required)

View Item View Item