PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM QUIZ DAN GENIUS LEARNING STRATEGY DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DITINJAU DARI SIKAP BELAJAR SISWA (Eksperimen Pembelajaran Matematika Kelas VII MTs N Boyolali Tahun Ajaran 2007/2008)

Parminingsih, Retno (2008) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM QUIZ DAN GENIUS LEARNING STRATEGY DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DITINJAU DARI SIKAP BELAJAR SISWA (Eksperimen Pembelajaran Matematika Kelas VII MTs N Boyolali Tahun Ajaran 2007/2008). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A410040149.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
A410040149.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui perbedaan prestasi belajar matematika siswa ditinjau dari metode pembelajaran yaitu penggunaan model pembelajaran Genius Learning Strategy dan Team Quiz. (2) mengetahui perbedaan hasil belajar matematika ditinjau dari sikap belajar siswa. (3) mengetahui interaksi antara metode pembelajaran dengan sikap belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII MTsN Boyolali semester genap tahun ajaran 2007/2008. Populasi penelitian ini berjumlah 328 siswa dan sampel diperoleh dengan teknik purposif sampling sebanyak 83 siswa yang dijadikan 2 kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Metode pengumpulan data prestasi belajar matematika dengan metode tes, pengambilan data sikap belajar matematika siswa dengan metode angket sedangkan pengambilan data kemampuan awal siswa menggunakan metode dokumentasi.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis variansi dua jalan, yang sebelumnya dilakukan pengujian prasyarat analisis yaitu uji normalitas dengan metode lilllifors dan uji homogenitas dengan metode bartlett. Dari hasil analisis dengan taraf signifikan 5 % disimpulkan bahwa: (1) terdapat perbedaan prestasi belajar matematika ditinjau dari dari metode pembelajaran, (2) tidak ada perbedaan hasil belajar matematika ditinjau dari sikap belajar siswa (3) tidak ada interaksi antara metode pembelajaran dengan sikap belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kooperatif ,team quiz, genius ,sikap, prestai belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 05 Dec 2008 02:04
Last Modified: 31 Jan 2011 06:21
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/723

Actions (login required)

View Item View Item