PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH ( PTK Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VII di SMP Negeri 2 Kudus)

Budiarti, Risqi Kurnia (2009) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH ( PTK Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VII di SMP Negeri 2 Kudus). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410050246.PDF

Download (61kB)
[img] PDF
A410050246.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (536kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran matematika dan meningkatkan prestasi belajar siswa melalui model Make A Match. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIIB SMP Negeri 2 Kudus yang berjumlah 42 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran matematika. Hal ini dapat dilihat dari 1) Kemampuan mengajukan pertanyaan sebelum tindakan sebesar 9.52% dan setelah tindakan sebesar 69.05%, 2) Kemampuan menjawab pertanyaan sebelum tindakan sebesar 21.43% dan setelah tindakan sebesar 73.80%, 3) Kemampuan mengemukakan ide atau pendapat sebelum tindakan sebesar 14.28% dan setelah tindakan sebesar 52.38%, 4) Kemampuan mengerjakan soal di depan kelas sebelum tindakan sebesar 35.71% dan setelah tindakan sebesar 83.33%, dan 5) Kemampuan menyanggah atau menyetujui ide teman sebelum tindakan sebesar 16.67% dan setelah tindakan sebesar 61.90%. Hasil tes tertulis yang dilakukan sebelum dan setelah penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada prestasi belajar siswa. Sebelum tindakan kelas hanya mencapai daya serap 76.19% dan setelah tindakan kelas mencapai daya serap 95.24%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan model Make A Match dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa sehingga berdampak pada peningkatan prestasi belajar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir Kritis, Make A Match
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 02 Jun 2010 05:21
Last Modified: 19 Nov 2019 06:12
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7224

Actions (login required)

View Item View Item