PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN METODE ”OPEN-ENDED” UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII di SMP Negeri 2 Karanganom)

HANAFI, NUR ZAMAN (2009) PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN METODE ”OPEN-ENDED” UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII di SMP Negeri 2 Karanganom). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410050242.PDF

Download (55kB)
[img] PDF
A410050242.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa di SMP N 2 Karanganom kelas VII B melalui pembelajaran matematika dengan metode Open-Ended pada pokok bahasan segi empat ( persegi panjang dan persegi ). Data dikumpulkan melalui teknik observasi, catatan lapangan, dokumentasi. Data dianalisis secara kualitatif, kemudian hasil analisis tersebut disajikan secara deskriptif untuk penarikan kesimpulan. Data hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematika siswa mengalami peningkatan yaitu peningkatan kemampuan siswa dalam memberikan alasan rasional terhadap suatu pernyataan pada putaran I sebanyak 25 %, putaran III meningkat menjadi 42,5 %. Kemampuan mengubah bentuk uraian ke model mematika pada putaran I sebanyak 41,67 %, putaran III meningkat menjadi 75 %. Kemampuan mengilustrasikan ide-ide matematika ke dalam bentuk uraian yang relevan dari putaran I sampai putaran III meningkat dari 27,5 % menjadi 55 %. Jadi kemampuan komunikasi matematika siswa meningkat melalui pembelajaran matematika dengan metode Open-Ended

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Komunikasi, Pembelajaran Matematika, Open-Ended
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 02 Jun 2010 05:14
Last Modified: 13 Nov 2010 05:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7222

Actions (login required)

View Item View Item