PENINGKATAN KEDISIPLINAN BELAJAR MATEMATIKA MELALUI TEKNIK PERJANJIAN DAN PENGUATAN DIRI SISWA KELAS V SDN 1 TAWANG HARJO WONOGIRI

Nurhidayati, Anita (2008) PENINGKATAN KEDISIPLINAN BELAJAR MATEMATIKA MELALUI TEKNIK PERJANJIAN DAN PENGUATAN DIRI SISWA KELAS V SDN 1 TAWANG HARJO WONOGIRI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A410040085.pdf

Download (111kB)
[img] PDF
A410040085.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mengetahui perubahan tingkah laku yang mengarah pada peningkatan kedisiplinan belajar matematika dan untuk mengetahui besarnya peningkatan hasil belajar matematika setelah digunakannya teknik perjanjian dan penguatan diri. Subyek yang menerima tindakan adalah siswa kelas V SD N I Tawang Harjo tahun ajaran 2008/ 2009 yang berjumlah 25 siswa. Data dikumpulkan melalui observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Pada penelitian tindakan kelas ini, analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian tindakan kelas ini adalah pertama, berdasarkan dialog awal yang dilakukan melalui kerja kolaborasi diperoleh kesepakatan bahwa untuk mengatasi masalah kedisiplinan: (1) kemandirian, (2) perhatian , (3) kemauan, (4) konsentrasi, (5) kesadaran dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dilakukan melalui teknik perjanjian dan penguatan diri. Kedua, pembelajaran matematika melalui teknik perjanjian dan penguatan diri dapat meningkatkan kedisiplinan dan hasil belajar siswa di kelas secara berarti. Kemandirian sebelum dilakukan tindakan 16% meningkat pada putaran I sebesar 28%, putaran II sebesar 48%, dan putaran III sebesar 88%. Perhatian sebelum dilakukan tindakan 8% meningkat pada putaran I sebesar 20%, putaran II sebesar 40%, dan putaran III sebesar 72%. Kemauan sebelum dilakukan tindakan 8% meningkat pada putaran I sebesar 16%, putaran II sebesar 36%, dan putaran III sebesar 76%. Konsentrasi sebelum dilakukan tindakan 12% meningkat pada putaran I sebesar 20%, putaran II sebesar 48%, dan putaran III sebesar 80%. Kesadaran sebelum dilakukan tindakan 20% meningkat pada putaran I sebesar 28%, putaran II sebesar 44%, dan putaran III sebesar 84%. Dan hasil belajar sebelum dilakukan tindakan 20% meningkat pada putaran I sebesar 32%, putaran II sebesar 48%, dan putaran III sebesar 76%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kedisiplinan, Perjanjian, Penguatan, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 05 Dec 2008 01:54
Last Modified: 02 Jan 2012 10:22
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/722

Actions (login required)

View Item View Item