KUSWANTO , SETYA HERI (2009) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMAHAMI KONSEP MATEMATIKA PADA VOLUME BANGUN RUANG DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN TWO STAY-TWO STRAY (TS-TS)(PTK Siswa Kelas V Semester Genap SD Negeri 3 Koripan Tahun Ajaran 2008/2009). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .
|
PDF
A410050226.PDF Download (161kB) |
|
PDF
A410050226.PDF Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa kelas V SD Negeri 3 Koripan melalui pembelajaran two stay-two stray pada pokok bahasan volume bangun ruang. Data dikumpulkan melalui tes, observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Data dianalisis secara kualitatif, kemudian hasil analisis tersebut disajikan secara deskriptif untuk penarikan kesimpulan. Strategi pembelajaran two stay-two stray dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa sehingga berdampak pada peningkatan prestasi belajar.Hal ini dapat dilihat dari 1) Keinginan siswa untuk menjawab pertanyaan dari guru dan mampu menyelesaikan soal sebelum diadakan tindakan sebesar 18,75 % dan di akhir putaran mencapai 81,25%, 2) Mengajukan pertanyaan dan tanggapan terhadap guru sebelum diadakan tindakan sebesar 12,5 % dan di akhir putaran mencapai 43,75 %, 3) Membuat kesimpulan yang meliputi mendefinisikan konsep, menemukan sifat-sifat dari konsep sebelum diadakan tindakan sebesar 18,75% dan di akhir putaran mencapai 68,75%. Hasil tes tertulis menunjukkan adanya peningkatan banyak siswa yang mencapai KKM yaitu mencapai nilai ≥ 60, sebelum diadakan tindakan sebesar 43,75% dan setelah tindakan mencapai 87,5%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran two stay-two stray dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa sehingga berdampak pada peningkatan prestasi belajar.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pemahaman konsep, prestasi, two stay-two stray |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 1504 not found. |
Date Deposited: | 02 Jun 2010 05:00 |
Last Modified: | 13 Nov 2010 05:13 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7219 |
Actions (login required)
View Item |