PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBERIAN REINFORCEMENT PADA SISWA KELAS VII (PTK Pembelajaran Matematika pada SMP ISS Jatipurno)

SUNARTO, SUNARTO (2010) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBERIAN REINFORCEMENT PADA SISWA KELAS VII (PTK Pembelajaran Matematika pada SMP ISS Jatipurno). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410050224.PDF

Download (36kB)
[img] PDF
A410050224.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (798kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan kemandirian siswa dalam pembelajaran matematika dan meningkatkan prestasi belajar siswa melalui metode pemberian reinforcement. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VII.1 SMP ISS Jatipurno Wonogiri yang berjumlah 46 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, review dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan model alur. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keaktifan dan kemandirian siswa dalam pembelajaran matematika. Hal ini dapat dilihat dari aspek: 1) siswa yang menjawab pertanyaan/memberi tanggapan sebelum tindakan 11.1 % dan diakhir tindakan 42.2 %, 2) siswa yang bertanya tentang materi ajar sebelum tindakan 13.3 %, dan diakhir tindakan 42.2 %, 3) siswa yang mengerjakan soal latihan sebelum tindakan 75.5 %, dan diakhir tindakan 100 %, 4) siswa yang menjawab soal didepan kelas sebelum tindakan 8.8 %, dan diakhir tindakan 33.3 %, 5) siswa yang mengerjakan PR sebelum tindakan 88.8%, dan diakhir tindakan 100%. Hasil tes tertulis yang dilakukan sebelum dan sesudah penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada prestasi belajar siswa. Sebelum adanya tindakan kelas prestasi belajar siswa hanya mencapai daya serap 55.5%, pada putaran I mencapai daya serap 93.3%, pada putaran II mencapai daya serap 100% sedangkan di akhir tindakan prestasi belajar siswa mencapai daya serap 100%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan metode pemberian reinforcement dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan keaktifan dan kemandirian siswa sehingga berdampak pada peningkatan prestasi belajar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil, Reinforcement
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 02 Jun 2010 04:55
Last Modified: 13 Nov 2010 05:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7218

Actions (login required)

View Item View Item