PENGARUH METODE SAVI DAN METODE INQUIRY TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII PADA POKOK BAHASAN KUBUS DAN BALOK ( SMP Muhammadiyah 1 Surakarta )

SETIYOWATI , NENENG RIRIN (2010) PENGARUH METODE SAVI DAN METODE INQUIRY TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII PADA POKOK BAHASAN KUBUS DAN BALOK ( SMP Muhammadiyah 1 Surakarta ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410050207.PDF

Download (24kB)
[img] PDF
A410050207.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (764kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode SAVI dan metode Inquiry terhadap prestasi belajar matematika siswa dan mengetahui bahwa prestasi belajar matematika siswa yang menggunakan metode SAVI lebih baik dibandingkan metode Inquiry. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Surakarta yang terdiri dari lima kelas dan sampelnya yaitu siswa kelas VIIIB sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 20 siswa, sedangkan kelas kontrol adalah siswa kelas VIIIC dengan jumlah 20 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan acak kelompok (cluster random). Pengumpulan data dengan metode tes, dokumentasi dan wawancara. Persyaratan uji analisis dilakukan dengan uji normalitas Liliefors dan uji homogenitas Bartlet. Data dianalisis menggunakan uji t-test dengan . Karena thit > ttabel , maka Ho ditolak sehingga ada perbedaan prestasi belajar siswa yang diajar menggunakan metode SAVI dengan metode Inquiry. Hal ini berarti ada pengaruh metode mengajar terhadap prestasi belajar matematika siswa. Data hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan metode SAVI sebesar 78,1, lebih tinggi daripada rata-rata hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan metode Inquiry sebesar 69,7 sehingga dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar matematika siswa yang diajar menggunakan metode SAVI lebih baik dibandingkan metode Inquiry..

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode SAVI, Metode Inquiry, Prestasi Belajar Matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 01 Jun 2010 09:20
Last Modified: 13 Nov 2010 05:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7215

Actions (login required)

View Item View Item