PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN CARD SORT DIKELAS IV SEMESTER I SD WONOKERTO 3 (PTK Di SD N Wonokerto 3 Tahun Ajaran 2008/2009)

PURWITOSARI , MAMIK (2009) PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN CARD SORT DIKELAS IV SEMESTER I SD WONOKERTO 3 (PTK Di SD N Wonokerto 3 Tahun Ajaran 2008/2009). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410050196.PDF

Download (34kB)
[img] PDF
A410050196.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (667kB)

Abstract

bertanya atau mengemukakan pendapat dan keaktifan mengerjakan soal didepan kelas melalui strategi pembelajaran card sort. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) atau Classroom Action Research (CAR). Subyek yang menerima tindakan siswa kelas IV SD Negeri Wonokerto 3 yang berjumlah 30 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, wawancara dan dokumentasi. Validitas isi instrumen diperiksa dengan triangulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif model alur. Hasil penelitian ini menunjukkan ada peningkatan keaktifan yang terdiri dari tiga aspek: 1) Siswa yang menjawab pertanyaan guru dari 16,67% menjadi 58,62%. 2) Siswa yang bertanya atau mengemukakan pendapat dari 6,67% menjadi 48,28%. 3) Siswa yang mengerjakan soal didepan kelas dari 26,67% menjadi 72,41%. Dengan adanya peningkatan dari ketiga aspek tersebut maka dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran card sort dapat meningkatkan keaktifan belajar matematika siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: strategi pembelajaran, card sort (sortir kartu), keaktifan.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 01 Jun 2010 09:17
Last Modified: 13 Nov 2010 05:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7214

Actions (login required)

View Item View Item