PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI STRATEGI SCAFFOLDING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERNALAR SISWA (PTK Pada Siswa Kelas VIII MTsN 1 Surakarta)

ROQIMAH, NUR (2009) PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI STRATEGI SCAFFOLDING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERNALAR SISWA (PTK Pada Siswa Kelas VIII MTsN 1 Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410050163.PDF

Download (54kB)
[img] PDF
A410050163.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (892kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan bernalar siswa dalam pembelajaran matematika melalui strategi scaffolding pada pokok bahasan limas. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bersifat kolaboratif antara peneliti, guru matematika sebagai pelaku pemberi tindakan, dan kepala sekolah sebagai subyek yang membantu dalam perencanaan dan pengumpulan data. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VIIIA MTsN 1 Surakarta, yang berjumlah 45 siswa. Data dikumpulkan malaui observasi, catatan lapangan, tes, dan dokumentasi. Analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Data dianalisis sejak tindakan pembelajaran selama tiga putaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran matematika dengan strategi scaffolding telah mampu meningkatkan kemampuan penalaran matematika siswa. Hal ini dapat dilihat dari kemampuan bernalar siswa dalam: 1) mengajukan dugaan meningkat dari (20%) menjadi (86, 67%), 2) kemampuan memanipulasi matematika meningkat dari (26,67%) menjadi (91,11%), 3) kemampuan menarik kesimpulan, menyusun bukti, memberikan alasan atau bukti terhadap kebenaran solusi meningkat dari (24,40%) menjadi (77,78%), 4) kemampuan menarik kesimpulan dari suatu pernyataan meningkat dari (20%) menjadi (71,11%), 5) kemampuan memeriksa kesahihan suatu argumen meningkat dari (15,56%) menjadi (80%), 6) kemampuan menemukan pola atau sifat dari gejala matematis meningkat dari (17,78%) menjadi (84,44%). Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran matematika melalui strategi scaffolding mampu meningkatkan kemampuan bernalar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran matematika, Strategi Scaffolding, Penalaran
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 01 Jun 2010 08:56
Last Modified: 13 Nov 2010 05:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7212

Actions (login required)

View Item View Item