PENERAPAN METODE JARIMATIKA PADA PERKALIAN BILANGAN BULAT SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA (PTK Pembelajaran Matematika Di Kelas III SDN O3 Puntukrejo, Ngargoyoso, Karangayar)

PUTRI, ANITA PRANOWO (2010) PENERAPAN METODE JARIMATIKA PADA PERKALIAN BILANGAN BULAT SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA (PTK Pembelajaran Matematika Di Kelas III SDN O3 Puntukrejo, Ngargoyoso, Karangayar). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410050154.PDF

Download (67kB)
[img] PDF
A410050154.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (812kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkkan keaktifan dan prestasi belajar matematika siswa kelas III SD yaitu keaktifan menjawab pertanyaan dari guru, keaktifan bertanya atau mengemukakan pendapat dan keaktifan mengerjakan soal didepan kelas melalui metode jarimatika. Sedangkan prestasi belajar dalam penelitian ini yaitu ketuntasan belajar siswa SD kelas III dalam pembelajaran mencari perkalian mencapai ketuntasan belajar ≥ 70. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) atau Classroom Action Research (CAR). Subyek yang menerima tindakan siswa kelas III SD Negeri 03 Puntukrejo yang berjumlah 17 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, test dan dokumentasi. Validitas isi instrumen diperiksa dengan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif model alur. Hasil penelitian ini menunjukkan ada peningkatan keaktifan yang terdiri dari tiga aspek: 1) Siswa yang menjawab pertanyaan guru dari 11,76% sebelum tindakan menjadi 47,06% setelah tindakan. 2) Siswa yang bertanya atau mengemukakan pendapat dari 11,76% sebelum tindakan menjadi 52,97% setelah tindakan. 3) Siswa yang mengerjakan soal di depan kelas dari 29,41% sebelum tindakan menjadi 70,50% setelah tindakan. Prestasi belajar sendiri juga mengalami peningkatan dari 23,53% sebelum tindakan menjadi 58,82% setelah tindakan. Dengan adanya peningkatan dari ketiga aspek tersebut maka dapat disimpulkan bahwa metode jarimatika dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar belajar matematika siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: strategi pembelajaran, jarimatika, keaktifan, prestasi belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 01 Jun 2010 08:49
Last Modified: 13 Nov 2010 05:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7210

Actions (login required)

View Item View Item