PENERAPAN PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KREATIVITAS SISWA (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VII MTsN I Losari Cirebon )

HAKIM, ARIF RAKHMAN (2009) PENERAPAN PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KREATIVITAS SISWA (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VII MTsN I Losari Cirebon ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410050138.PDF

Download (36kB)
[img] PDF
A410050138.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (710kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kreativitas siswa pada pokok bahasan persegi panjang dengan menggunakan pendekatan kontekstual. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bersifat kolaboratif antara peneliti, guru matematika sebagai pelaku tindakan kelas, dan kepala sekolah sebagai subjek yang membantu dalam perencanaan dan pengumpulan data. Subjek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VIIJ MTsN Losari, Cirebon yang berjumlah 30 siswa. Data dikumpulkan melalui metode observasi, catatan lapangan, review, wawancara langsung, dan dokumentasi. Analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kreativitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Hal ini dapat dilihat dari kreativitas siswa dalam: 1) bertanya kepada guru ataupun teman meningkat dari (13.3%) menjadi (66.6%), 2) menjawab pertanyaan meningkat dari (16.6%) menjadi (73.3%), 3) membua dan mengemukakan ide meningkat dari (10%) menjadi (63.3%), 4) mengerjakan soal meningkat dari (36.6%) menjadi (80%), 5) hasil belajar siswa yang mendapatkan nilai ≥60 meningkat dari (44.8%) menjadi (76.6%). Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: peningkatan, kreativitas, kontekstual, hasl – belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 01 Jun 2010 08:40
Last Modified: 13 Nov 2010 05:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7208

Actions (login required)

View Item View Item