PENINGKATAN KREATIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN VAK (Visualization Auditory Kinestetic ) ( PTK Pembelajaran Matematika Pokok Bahasan Luas dan Keliling Persegi Panjang Kelas IV Semester Ganjil di SD N I Glagahwangi )

PUSPITASARI , RATIH (2010) PENINGKATAN KREATIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN VAK (Visualization Auditory Kinestetic ) ( PTK Pembelajaran Matematika Pokok Bahasan Luas dan Keliling Persegi Panjang Kelas IV Semester Ganjil di SD N I Glagahwangi ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410050117.PDF

Download (59kB)
[img] PDF
A410050117.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (425kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah pertama, untuk meningkatkan kreativitas dan prestasi belajar siswa melalui pendekatan Visualization Auditory Kinestetic (VAK). Subjek penelitian ini adalah SD Negeri I Glagahwangi Kelas IV Semester Ganjil tahun ajaran 2009/2010 yang berjumlah 21 siswa. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, catatan lapangan, metode tes dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini dilakukan secara diskriptif kualitatif. Analisis deskriptif kualitatif dilaksanakan dengan melalui alur. Hasil penelitian ini yaitu: 1) pembelajaran matematika dengan pendekatan Visualization Auditory Kinestetic (VAK) dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa. a) Siswa yang mengerjakan soal latihan di depan kelas sebelum penelitian 9,50%, putaran I meningkat menjadi 19,04%, putaran II meningkat menjadi 38,09%, putaran III meningkat menjadi 57,14%. b) Siswa yang mengemukakan ide atau alternatif jawaban sebelum penelitian 14,29%, putaran I meningkat menjadi 28,57%, putaran II meningkat menjadi 47,61%, putaran III meningkat menjadi 66,66%. c) Siswa yang mengerjakan tugas sebelum penelitian 52,38%, putaran I meningkat menjadi 61,90%, putaran II meningkat menjadi 71,42%, putaran III meningkat menjadi 76,19%. 2) adanya peningkatan prestasi belajar siswa yaitu dalam mengerjakan soal tes sebelum penelitian 19,47% putaran I meningkat menjadi 33,33%, putaran II meningkat menjadi 47,61%, putaran III meningkat menjadi 61,90%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut peneliti menyimpulkan pembelajaran melalui pendekatan Visualization Auditory Kinestetic (VAK) dapat meningkatkan kreativitas siswa dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Visualization Auditory Kinestetic, Kreativitas, Prestasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 01 Jun 2010 08:34
Last Modified: 13 Nov 2010 05:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7206

Actions (login required)

View Item View Item