PENERAPAN PEMBELAJARAN DENGAN TEKNIK PROBING DALAM KELOMPOK KECIL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUANKOMUNIKASI PADA SISWA (PTK Pembelajaran Matematika di kelas VII D MTs Negeri Sukoharjo Pada Pokok Bahasan Pecahan)

WIBOWO, ANGGIT (2010) PENERAPAN PEMBELAJARAN DENGAN TEKNIK PROBING DALAM KELOMPOK KECIL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUANKOMUNIKASI PADA SISWA (PTK Pembelajaran Matematika di kelas VII D MTs Negeri Sukoharjo Pada Pokok Bahasan Pecahan). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410050113.PDF

Download (24kB)
[img] PDF
A410050113.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (854kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi siswa dalam pemecahan soal matematika dengan menerapkan teknik probing dalam kelompok kecil. Subjek penelitian ini adalah guru kelas VII D MTs Negeri Sukoharjo sebagai subjek pemberi tindakan, kepala sekolah sebagai subjek pembantu dalam perencanaan dan pengumpulan data penelitian, serta siswa,, kelas VII D yang berjumlah 34 orang sebagai subjek penerima tindakan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah metode tes, wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan komunikasi hasil belajar matematika siswa. Hal ini dapat dilihat dari 1) keaktifan siswa dalam menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru atau mengerjakan soal-soal latihan sebelum pelaksanaan tindakan sebesar 8,82% dan pada akhir pelaksanaan tindakan mencapai 76,47%, 2) mengemukakan ide pengerjaan sebelum pelaksanaan tindakan sebesar 5,88% dan pada akhir pelaksanaan tindakan mencapai 70,59%, 3) ketepatan siswa dalam menyelesaikan permasalahan sebelum pelaksanaan tindakan sebesar 8,82% dan pada akhir pelaksanaan tindakan mencapai 67,65%, 4) kemampuan dalam membuat kesimpulan baik secara mandiri maupun kelompok sebelum pelaksanaan tindakan sebesar 5,88% dan pada akhir pelaksanaan tindakan mencapai 67,65%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan teknik probing dalam kelompok dapat meningkatkan kemampuan komunikasi belajar matematika siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Teknik_Probing, Kelompok_Kecil, Komunikasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 01 Jun 2010 08:30
Last Modified: 13 Nov 2010 05:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7205

Actions (login required)

View Item View Item