PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP OPERASI HITUNG PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT MELALUI PENDEKATAN TARI BAMBU (PTK Pembelajaran Matematika Di Kelas VII Semester Gasal SMP Negeri I Brang Rea Taliwang Sumbawa Nusa Tenggara Barat Tahun Ajaran 2009/2010)

PURWANTI, DANI NORA (2010) PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP OPERASI HITUNG PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT MELALUI PENDEKATAN TARI BAMBU (PTK Pembelajaran Matematika Di Kelas VII Semester Gasal SMP Negeri I Brang Rea Taliwang Sumbawa Nusa Tenggara Barat Tahun Ajaran 2009/2010). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410050096.PDF

Download (33kB)
[img] PDF
A410050096.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (454kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa pada operasi hitung pengurangan dan penjumlahan dan meningkatkan prestasi belajar. Subjek penelitian ini adalah guru matematika yang bertindak sebagai subjek yang memberikan tindakan, kepala sekolah bertindak sebagai subjek yang membantu perencanaan dan pengumpulan data serta siswa kelas VII-I yang berjumlah 20 siswa sebagai subjek yang menerima tindakan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, observasi, catatan lapangan, dokumentasi dan review. Analisis data dilaksanakan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Data analisis sejak tindakan pembelajaran dilaksanakan, dikembangkan selama proses pembelajaran berlangsung. Hasil penelitian tindakan ini adalah terjadi peningkatan pemahaman: 1) siswa yang mampu menggunakan rumus atau konsep hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat sebelum tindakan sebanyak 9 siswa (45%) dan pada akhir tindakan sebanyak 18 siswa (90%), 2) siswa yang aktif sebelum tindakan sebanyak 11 siswa (55%) dan pada akhir tindakan sebanyak 19 siswa (95%). 3) siswa yang paham terhadap konsep hitung sebelum tindakan sebanyak 10 siswa (50%) dan pada akhir tindakan sebanyak 18 siswa (90%). Prestasi siswa juga terjadi peningkatan yaitu 1) latihan mandiri siswa pada awal tindakan sebanyak 13 siswa (65%) dan pada akhir tindakan sebanyak 18 siswa (90%). 2) pada tugas mandiri siswa pada awal tindakan sebanyak 14 siswa (70%) dan pada akhir tindakan sebanyak 19 siswa (95%). 3) daya serap siswa meningkat pada awal tindakan sebanyak 14 siswa (70%) dan pada akhir tindakan sebanyak 19 siswa (95%).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman, Konsep, Operasi Hitung, Tari Bambu
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 01 Jun 2010 08:18
Last Modified: 13 Nov 2010 05:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7202

Actions (login required)

View Item View Item