UPAYA PENINGKATAN KREATIVITAS BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY INQUIRY TYPE PICTORIAL RIDDLE POKOK BAHASAN KUBUS DAN BALOK ( Penelitian Tindakan Kelas di Kelas VIII SMP Al -Islam Mijen Demak)

HIKMAH, KIFAYATUL (2010) UPAYA PENINGKATAN KREATIVITAS BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY INQUIRY TYPE PICTORIAL RIDDLE POKOK BAHASAN KUBUS DAN BALOK ( Penelitian Tindakan Kelas di Kelas VIII SMP Al -Islam Mijen Demak). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410050093.PDF

Download (70kB)
[img] PDF
A410050093.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (832kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) proses pembelajaran discovery inquiry type pictorial riddle, 2) peningkatan kreativitas belajar matematika siswa melalui model pembelajaran discovery inquiry type pictorial riddle. Subyek penerima tindakan dalam penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Al-Islam Mijen Demak yang berjumlah 44 siswa. Data dikumpulkan melalui teknik observasi, catatan lapangan, dokumentasi, metode tes. Data dianalisis secara deskriptif model alur yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan proses pembelajaran discovery inquiry type pictorial ridde adalah a) siswa dikondisikan dengan memberitahu tujuan pembelajaran dan menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan, b) guru menyampaikan materi dengan terlebih dahulu memberikan suatu riddle berupa gambaran kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan materi yang diajarkan kemudian siswa diminta untuk mengajukan pertanyaan mengenai riddle tersebut, c) siswa diberikan soal latihan kelompok, d) guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk membandingkan dan mendiskusikan jawaban soal secara berkelompok, e) dari hasil diskusi, guru mengarahkan siswa untuk menarik kesimpulan terhadap suatu konsep yang mereka pelajari. Kreativitas belajar matematika siswa mengalami peningkatan yaitu siswa yang mengemukakan pertanyaan ketika berdiskusi sebelum tindakan 22,72%, setelah tindakan 56,81%. Siswa yang menjawab pertanyaan guru atau teman sebelum tindakan 40,90%, setelah tindakan 68,18%. Siswa yang mengemukakan berbagai ide atau gagasan sebelum tindakan 27,27%, setelah tindakan 61,36%. Siswa yang menemukan hubungan antar konsep matematika yang sesuai dalam memecahkan soal matematika sebelum tindakan 18,18%, setelah tindakan 59,09%. Siswa yang menemukan berbagai cara dalam menyelesaikan soal matematika sebelum tindakan 34,09%, setelah tindakan 72,72%. Kesimpulan penelitian ini model pembelajaran discovery inquiry type pictorial riddle dapat meningkatkan kreativitas belajar matematika siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kreativitas, Discovery Inquiry Type Pictorial Riddle
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 01 Jun 2010 08:14
Last Modified: 13 Nov 2010 05:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7201

Actions (login required)

View Item View Item