UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMAHAMI KONSEP MODEL MATEMATIKA EKSTRIM FUNGSI MELALUI PROBLEM SOLVING KELAS XI (PTK SMA Islam Sudirman Ambarawa)

Imayati, Nur (2008) UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMAHAMI KONSEP MODEL MATEMATIKA EKSTRIM FUNGSI MELALUI PROBLEM SOLVING KELAS XI (PTK SMA Islam Sudirman Ambarawa). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A410040039.pdf

Download (52kB)
[img] PDF
A410040039.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman siswa dalam memahami konsep soal cerita pada pokok bahasan model matematika ekstrim fungsi dengan menggunakan pendekatan problem solving. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, catatan lapangan, review, test, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian adalah 1) adanya peningkatan kemampuan pemahaman siswa dalam memahami konsep soal cerita, yang meliputi a) kemampuan siswa dalam mengkonstruksikan soal kedalam model matematika sebelum dilakukan tindakan sebanyak 12,82% dan setelah tindakan 65,79%, b) kemampuan siswa dalam penggunaan rumus sebelum dilakukan tindakan 23,08% dan setelah tindakan 71,05%, c) kemampuan siswa dalam proses perhitungan sebelum dilakukan tindakan sebanyak 30,77% dan setelah tindakan 78,95% serta 2) penggunaan model pembelajaran problem solving dapat meningkatkan hasil belajar siswa hingga daya serap diatas 65 ada 65%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa peningkatan kemampuan memahami konsep model matematika ekstrim fungsi dapat dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran problem solving.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Problem Solving, Model Matematika, dan Ekstrim Fungsi.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 04 Dec 2008 07:31
Last Modified: 31 Jan 2011 07:07
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/720

Actions (login required)

View Item View Item