Imayati, Nur (2008) UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMAHAMI KONSEP MODEL MATEMATIKA EKSTRIM FUNGSI MELALUI PROBLEM SOLVING KELAS XI (PTK SMA Islam Sudirman Ambarawa). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF
A410040039.pdf Download (52kB) |
|
PDF
A410040039.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman siswa dalam memahami konsep soal cerita pada pokok bahasan model matematika ekstrim fungsi dengan menggunakan pendekatan problem solving. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, catatan lapangan, review, test, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian adalah 1) adanya peningkatan kemampuan pemahaman siswa dalam memahami konsep soal cerita, yang meliputi a) kemampuan siswa dalam mengkonstruksikan soal kedalam model matematika sebelum dilakukan tindakan sebanyak 12,82% dan setelah tindakan 65,79%, b) kemampuan siswa dalam penggunaan rumus sebelum dilakukan tindakan 23,08% dan setelah tindakan 71,05%, c) kemampuan siswa dalam proses perhitungan sebelum dilakukan tindakan sebanyak 30,77% dan setelah tindakan 78,95% serta 2) penggunaan model pembelajaran problem solving dapat meningkatkan hasil belajar siswa hingga daya serap diatas 65 ada 65%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa peningkatan kemampuan memahami konsep model matematika ekstrim fungsi dapat dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran problem solving.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problem Solving, Model Matematika, dan Ekstrim Fungsi. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 04 Dec 2008 07:31 |
Last Modified: | 31 Jan 2011 07:07 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/720 |
Actions (login required)
View Item |