PENGARUH PENDEKATAN MISSOURI MATHEMATHICS PROJECT TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SEMESTER GASAL DI SMP MUHAMMADIYAH 8 SURAKARTA

HANAFI , HANAFI (2010) PENGARUH PENDEKATAN MISSOURI MATHEMATHICS PROJECT TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SEMESTER GASAL DI SMP MUHAMMADIYAH 8 SURAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410050078.PDF

Download (135kB)
[img] PDF
A410050078.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh pendekatan Missouri Mathemathics Project dan pembelajaran konvensional terhadap prestasi belajar matematika, (2) Pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika, (3) Interaksi antara pendekatan Missouri Mathemathics Project dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Eksperimen, populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 8 Surakarta Tahun Pelajaran 2009/2010. Sebagai sampel diambil dua kelas yang kemudian dijadikan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket dan metode tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis variansi dua jalan, yang sebelumnya dilakukan uji prayarat dengan menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian ini, dengan α = 5% dapat disimpulkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh antara siswa yang diberi pendekatan pembelajaran Misouri Mathemathics Project dan pembelajaran konvensional terhadap prestasi belajar denagan nilai signifikansi 0,042 < 0,05. (2) Terdapat pengaruh motivasi terhadap prestasi belajar pada pokok bahasan persamaan garis lurus, dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. (3) Tidak terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran Misouri Mathemathics Project dengan tingkat motivasi terhadap prestasi belajar matematika pada pokok bahasan persamaan garis lurus, dengan nilai signifikansi 0,338 > 0,05. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan pendekatan missouri Mathemathics project dan motivasi belajar memberikan peningkatan prestasi belajar matematika pada pokok bahasan Persamaan garis lurus

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Missouri Mathemathics Project, Motivasi, Prestasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 01 Jun 2010 08:03
Last Modified: 13 Nov 2010 05:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7198

Actions (login required)

View Item View Item