PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE KEEP ON LEARNING ( PTK Pembelajaran matematika kelas VII SMP Darussalam Surakarta)

ARISTIKA , DIAN (2009) PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE KEEP ON LEARNING ( PTK Pembelajaran matematika kelas VII SMP Darussalam Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410050069.PDF

Download (78kB)
[img] PDF
A410050069.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika melalui metode keep on learning pada pokok bahasan persegi panjang dan persegi. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK), dilaksanakan di SMP Darussalam, Surakarta. Sebagai subjek penerima tindakan adalah siswa kelas VII yang berjumlah 28 siswa, dan subjek pelaksanaan tindakan adalah peneliti dan guru matematika kelas VII. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, metode tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Data dianalisis secara diskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dilakukan dalam bentuk interaktif dengan pengumpulan data sebagai suatu proses siklus. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan metode keep on learning dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika. Hal ini dilihat dari aspek: (1) banyaknya siswa yang berani bertanya dari sebelum tindakan (14,2%) meningkat sebanyak (67,8%) pada akhir tindakan, (2) banyaknya siswa yang berani mengungkapkan gagasan sebelum adanya tindakan penelitian sebanyak (21,4%) meningkat sebanyak (71,4%) pada akhir tindakan, (3) banyaknya siswa yang berani mengerjakan soal di depan kelas sebelum adanya tindakan sebanyak (10,7%) meningkat sebanyak (82,1%) pada akhir tindakan. Pembelajaran dengan metode keep on learning juga dapat meningkatkan hasil belajar siswa hal ini dapat dilihat dari aspek banyaknya siswa yang mampu mengerjakan soal dengan benar > 75%, sebelum adanya tindakan penelitian (28,5%) meningkat sebanyak (71,4%) pada akhir tindakan. Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran dengan metode keep on learning dapat meningkatkan keaktifan siswa dan meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan, Keaktifan, Hasil
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 01 Jun 2010 07:59
Last Modified: 13 Nov 2010 05:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7197

Actions (login required)

View Item View Item