PENINGKATAN MOTIVASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE SCRAMBLE PADA POKOK BAHASAN BILANGAN BULAT (PTK Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VII di SMP Negeri 2 Kudus)

Sulistiowati , Endah (2010) PENINGKATAN MOTIVASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE SCRAMBLE PADA POKOK BAHASAN BILANGAN BULAT (PTK Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VII di SMP Negeri 2 Kudus). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410050068.PDF

Download (100kB)
[img] PDF
A410050068.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (660kB)

Abstract

Pembelajaran ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi siswa SMP dalam pembelajaran matematika melalui metode Scramble pada pokok bahasan bilangan bulat. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Kudus. Subyek pelaksanaan tindakan adalah peneliti dan guru matematika kelas VII, objek penerima tindakan adalah siswa kelas VIIC SMP Negeri 2 Kudus sejumlah 42 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui metode observasi, catatan lapangan, dokumentasi, tes dan angket, analisis data dilakukan secara diskriptif kualitatif. Hasil penelitian tindakan kelas ini dalam proses pembelajaran melalui Metode Scramble pada pokok bahasan bilangan bulat adalah: 1) dapat meningkatkan motivasi siswa, yang meliputi aspek: a) Peningkatan aktivitas bertanya siswa sebelum tindakan sejumlah 1 siswa (2,38%) dan pada akhir tindakan sejumlah 9 siswa (21,42%); b) Peningkatan kemampuan siswa menjawab pertanyaan sebelum tindakan sejumlah 2 siswa (4,76%) dan pada akhir tindakan sejumlah 11 siswa (26,19%); c) Kemampuan pemecahan masalah soal matematika sebelum tindakan sejumlah 6 siswa (14,28%) dan pada akhir tindakan sejumlah 26 siswa (61,90%); 2) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dengan mencapai nilai > 5,5 pada sebelum tindakan sejumlah 12 siswa (28,57%) dan pada akhir tindakan sejumlah 38 siswa (90,48%). Dengan meningkatnya keempat aspek tersebut maka dapat diambil kesimpulan bahwa motivasi siswa dalam pembelajaran matematika juga meningkat secara signifikan

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Motivasi siswa, Pembelajaran Matematika, Metode Scramble
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 01 Jun 2010 07:55
Last Modified: 13 Nov 2010 05:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7196

Actions (login required)

View Item View Item