UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THE POWER OF TWO (PTK di kelas VII SMP Muhammadiyah VII Surakarta)

Abidin, Zainal (2009) UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THE POWER OF TWO (PTK di kelas VII SMP Muhammadiyah VII Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410050050.PDF

Download (128kB)
[img] PDF
A410050050.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan strategi pembelajaran kooperatif tipe the Power of Two. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bersifat kolaboratif antara peneliti, guru matematika, dan kepala sekolah. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII C SMP Muhammadiyah 7 Surakarta sejumlah 35 siswa. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam 3 kali putaran. Data dikumpulkan melalui metode pokok yaitu observasi, sedangkan metode bantu yaitu catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik Analisis data secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah strategi pembelajaran kooperatif tipe the Power of Two dapat dijadikan sebagai alternatif metode pembelajaran guru serta dapat digunakan sebagai upaya untuk meningkatkan keaktifan siswa yang dapat dilihat dari beberapa aspek yang meliputi bertanya, Menjawab pertanyaan, mengemukakan ide dan pendapat serta mengerjakan tugas/PR. Adapun perubahan keaktifan siswa setelah penelitian dilaksanakan adalah, 1). Bertanya tentang hal-hal yang belum jelas dari 5,71 % sebelum putaran menjadi 51,42 % pada akhir putaran, 2). Menjawab pertanyaan dari 14,28 % sebelum putaran menjadi 60 % pada akhir putaran, 3). Mengemukakan ide dan pendapat dari 2,85 % sebelum puataran menjadi 34,28 %, 4). Mengerjakan tugas/PR dari 68,57 % sebelum putaran menjadi 88,57 % pada akhir putaran. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan strategi the power two dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan keaktifan siswa

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keaktifan, Strategi the Power of Two
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 31 May 2010 09:22
Last Modified: 18 Nov 2019 03:40
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7192

Actions (login required)

View Item View Item