UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI LIMAS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KUMON (PTK Pembelajaran Matematika Pokok Bahasan Limas Di Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri I Gatak Sukoharjo Tahun Ajaran 2008/2009)

SULISTYOWATI , DYAH AYU (2009) UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI LIMAS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KUMON (PTK Pembelajaran Matematika Pokok Bahasan Limas Di Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri I Gatak Sukoharjo Tahun Ajaran 2008/2009). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410050044.PDF

Download (69kB)
[img] PDF
A410050044.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (561kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika melalui model pembelajaran kumon. 2) meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui model pembelajaran kumon. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Gatak Sukoharjo Tahun Ajaran 2008/2009 yang berjumlah 40 siswa sebagai subyek yang menerima tindakan. Subyek pelaksana tindakan adalah guru kelas VIII B yang dibantu oleh peneliti dan Kepala Sekolah. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, catatan lapangan, review, metode tes dan metode dokumentasi. Teknik Analisis data dilaksanakan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian ini yaitu: 1) Adanya peningkatan keaktifan siswa pada pembelajaran matematika meliputi a) keaktifan siswa dalam memperhatikan penjelasan guru di kelas sebelum tindakan 37,5%, sesudah tindakan 85% b) keaktifan siswa menjawab pertanyaan sebelum tindakan 37,5%, sesudah tindakan 65% c) keaktifan bertanya sebelum tindakan 30%, sesudah tindakan 70% d) keaktifan mengerjakan soal secara mandiri sebelum tindakan 25%, sesudah tindakan 65% e) keaktifan mengerjakan soal di depan kelas sebelum tindakan 12,5%, sesudah tindakan 60%. 2) Adanya peningkatkan prestasi belajar siswa, siswa yang mendapat nilai di atas 70 sebelum tindakan 60%, sesudah tindakan menjadi 95%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kumon dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi siswa dalam pembelajaran matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keaktifan, prestasi, model pembelajaran Kumon
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 31 May 2010 09:00
Last Modified: 13 Nov 2010 05:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7190

Actions (login required)

View Item View Item