UMS ETD-db

UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) (PTK Pembelajaran Matematika Kelas III SDN Karangnongko II Boyolali)

Munarsih, Ari (2008) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) (PTK Pembelajaran Matematika Kelas III SDN Karangnongko II Boyolali). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

TAMPILKAN FULLTEXT

[img]
Preview
PDF
50kB
[img] PDF
Restricted to Repository staff only

1MB

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengkaji peningkatan hasil belajar matematika melalui pendekatan realistic mathematic education (RME). Guru matematika kelas III SDN Karangnongko II Boyolali sebagai subjek pemberi tindakan. Kepala sekolah sebagai subjek yang membantu dalam perencanaan dan pengumpulan data penelitian. Peneliti sebagai subjek yang melakukan perencanaan, pengumpulan data, analisis data dan penarikan kesimpulan. Siswa kelas III SDN Karangnongko II Boyolali semester genap tahun pelajaran 2007/2008, yang berjumlah 16 siswa sebagai subjek yang menerima tindakan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, catatan lapangan, review dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis interaktif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: 1) terdapat peningkatan hasil belajar non skolastik yaitu ketekunan dalam belajar(mengerjakan soal) sebelum putaran (18,75%), pada putaran I (37,5%), pada putaran II (75%), pada putaran III (100%). 2) terdapat peningkatan hasil belajar non skolastik yaitu usaha dalam belajar(bertanya) sebelum putaran (12,5%), pada putaran I (25%), pada putaran II (62,5%), pada putaran III (86,72%). 3) terdapat peningkatan hasil belajar non skolastik yaitu partisipasi aktif dalam belajar(maju kedepan kelas) sebelum putaran (6,25%), pada putaran I (18,75%), pada putaran II (56,25%), pada putaran III (75%).4) terdapat peningkatan hasil belajar non skolastik yaitupenyelesaian tugas(tepat waktu) sebelum putaran (25%), pada putaran I (37,5%), pada putaran II (68,75%), pada putaran III (87,5%). 5) terdapat peningkatan hasil belajar skolastik yaitu mengerjakan soal latihan dengan benar sebelum putaran (25%), pada putaran I (56,25%), pada putaran II (75%), pada putaran III (87,5%). Penelitian ini menyimpulkan bahwa pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) dapat meningkatkan hasil belajari matematika siswa Sekolah Dasar, sehingga diharapkan para guru matemetika menggunakan pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) pada pembelajaran matematika.

Item Type:Karya Ilmiah (Skripsi)
ID Number:A410030082
Uncontrolled Keywords:Realistic Mathematic Education (RME), hasil belajar matematika.
Subjects:L Education > LB Theory and practice of education
Divisions:Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
ID Code:719
Deposited By: Ari Fatmawati
Deposited On:04 Dec 2008 07:11
Last Modified:31 Jan 2011 07:06

Repository Staff Only: item control page