PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MELALUI METODE PEMBELAJARAN SCRAMBLE POKOK BAHASAN SEGI EMPAT (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII SMP Negeri I Selogiri)

SEPTIYANA , DWI (2009) PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MELALUI METODE PEMBELAJARAN SCRAMBLE POKOK BAHASAN SEGI EMPAT (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII SMP Negeri I Selogiri). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410050008.PDF

Download (89kB)
[img] PDF
A410050008.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (522kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa pada pokok bahasan segi empat. Subyek penerima tindakan adalah kelas VII B SMP Negeri 1 Selogiri yang berjumlah 29 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 putaran. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui metode observasi, catatan lapangan, dan tes. Analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian adalah terjadi peningkatan prestasi belajar matematika pada sub pokok bahasan keliling dan luas segi empat melalui pemberian latihan terkontrol dengan metode scramble. Peningkatan prestasi belajar meliputi:1) pemahaman konsep sebelum tindakan 3 siswa (7,50%) dan setelah tindakan 10 siswa (77,50%),2) kreativitas dalam memanipulasi soal sebelum tindakan 2 siswa (5,00%) dan setelah tindakan 18 siswa (70,00%), dan 3) keaktifan siswa dalam pembelajaran sebelum tindakan 5 siswa (12,50%) dan diakhir menjadi 24 siswa (87,50%).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK A320-2010/27
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Konsep, Metode Scramble
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 31 May 2010 08:52
Last Modified: 01 Feb 2011 05:53
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7188

Actions (login required)

View Item View Item