PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP KELILING DAN LUAS SEGI EMPAT MELALUI METODE DRILL DENGAN UMPAN BALIK (PTK Pada Siswa Kelas VII SMP N 3 Sidoharjo Wonogiri)

Setyorini, Endah (2008) PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP KELILING DAN LUAS SEGI EMPAT MELALUI METODE DRILL DENGAN UMPAN BALIK (PTK Pada Siswa Kelas VII SMP N 3 Sidoharjo Wonogiri). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A410040078.pdf

Download (67kB)
[img] PDF
A410040078.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep keliling dan luas segi empat melalui metode drill dengan umpan balik. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII B SMP N 3 Sidoharjo, Wonogiri yang berjumlah 44 siswa. Data dikumpulkan melalui observasi, catatan lapangan, metode tes dan dokumentasi. Penelitian ini merupakan tindakan kelas yang bersifat kolaboratif antara peneliti, guru matematika, dan kepala sekolah. Analisis data dengan menggunakan model alur terdiri dari tiga alur yaitu reduksi data, penyajian data, dan transformasi data. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pembelajaran matematika khususnya pada pokok bahasan segi empat menggunakan metode drill dengan umpan balik telah mampu meningkatkan pemahaman konsep keliling dan luas segi empat pada siswa yaitu dari 3 siswa (6,82%) sebelum penelitian menjadi 7 siswa (15,91%) pada putaran I, 20 siswa (45,45%) pada putaran II, dan 32 siswa (72,73%) pada putaran III, pembelajaran matematika khususnya pada pokok bahasan segi empat menggunakan metode drill dengan umpan balik telah mampu meningkatkan kreatifitas siswa dalam pemecahan persoalan matematika yaitu dari 2 siswa (4,55%) sebelum penelitian menjadi 6 siswa (13,64%) pada putaran I, 19 siswa (43,18%) pada putaran II, dan 30 siswa (68,18%) pada putaran III, pembelajaran matematika khususnya pada pokok bahasan segi empat menggunakan metode drill dengan umpan balik telah mampu meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika. Peningkatan yang terjadi yaitu dari 4 siswa (9,09%) sebelum penelitian menjadi 10 siswa (22,73%) pada putaran I, 21 siswa (47,73%) pada putaran II, dan 34 siswa (77,27%) pada putaran III.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pemahaman, konsep, keliling, luas, drill, umpan-balik.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 04 Dec 2008 04:59
Last Modified: 31 Jan 2011 07:05
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/717

Actions (login required)

View Item View Item