PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER TERHADAP PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA DALAM MENGIKUTI PELAJARAN MATEMATIKA (Pokok Bahasan Bangun Datar Kelas VII SMP Negeri I Baki Tahun Ajaran 2007/2008)

Soleh, Agus (2008) PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER TERHADAP PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA DALAM MENGIKUTI PELAJARAN MATEMATIKA (Pokok Bahasan Bangun Datar Kelas VII SMP Negeri I Baki Tahun Ajaran 2007/2008). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A410040153.pdf

Download (93kB)
[img] PDF
A410040153.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa dalam mengikuti pelajaran matematika dengan memanfaatkan media komputer sebagai media pembelajaran pada pokok bahasan bangun datar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang didukung dengan implementasi program Microsoft Power Point. Metode yang digunakan adalah studi pustaka, studi internet, dengan ditindak lanjuti perancangan program kemudian penggunaan angket untuk mengetahui minat belajar siswa dan mengetahui tanggapan siswa dengan pemanfaatan media komputer sebagai media pembelajaran. Penelitian ini diadakan pada siswa kelas VII E sebagai kelas eksperimen dan VII G sebagai kelas kontrol. di SMP Negeri 1 Baki. Sebelum diadakan penelitian siswa dilihat dulu kemampuanya dengan mengambil nilai ulangan terakhir yang telah diberikan oleh guru.. Setelah kelas dipilih peneliti melakukan treatmen pada kelas eksperimen dengan memanfaatakan media yang telah dirancang oleh peneliti. Setelah dilakukan beberapa kali treatment dan dianggap sudah cukup treatmen yang diberikan pada kelas eksperimen peneliti memberikan angket. Hasil angket minat belajar siswa menunjukkan ada peningkatan minat belajar siswa dalam mengikuti pelajaraan matematika ini dapat dilihat dari perhitungan analisi variansi satu jalan dengan sel tak sama diperoleh Fhitung = 31,11 > Ftabel = 4,08 dengan α = 5 %. Hal ini dikarenakan beberapa faktor yang mendukung terjadinya peningkatan minat belajar siswa. Yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Media komputer dengan program microsoft power point merupakan faktor eksternal yang ada. Di dalam media komputer ini ditmapilan gambar, animasi serta efek suara yang membikin siswa tidak bosan dalam mengikuti pelajarn matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran berbasis komputer, minat
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 04 Dec 2008 04:50
Last Modified: 31 Jan 2011 06:34
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/716

Actions (login required)

View Item View Item