ANALISIS SOAL ULANGAN UMUM MATEMATIKA KELAS VIII SEMESTER I SMP N 2 GOMBONG – KEBUMEN TAHUN AJARAN 2007-2008

Kurniasih, Hermi Ratna (2008) ANALISIS SOAL ULANGAN UMUM MATEMATIKA KELAS VIII SEMESTER I SMP N 2 GOMBONG – KEBUMEN TAHUN AJARAN 2007-2008. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A410030123.pdf

Download (123kB)
[img] PDF
A410030123.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (566kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) Menganalisis validitas item dan reliabilitas soal, 2) Mengetahui taraf kesukaran, Daya pembeda dan distraktor dari butir-butir soal ulangan umum semester I bentuk obyektif dan uraian kelas VIII SMP di kecamatan Gombong. Obyek yang diteliti adalah Soal ulangan umum semester I bentuk obyektif dan uraian mata pelajaran matematika kelas VIII Sekolah Menengah Pertama. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi. Teknik analisis data pada uji validitas menggunakan korelasi point biseral dengan menggunakan bantuan excel. Teknik pada uji relibilitas menggunakan formula Kuder Richardson yaitu KR20 dengan bantuan program excel. Hasil analisis menunjukkan bahwa materi dalam soal ulangan semester I bentuk obyektif dan uraian sudah sesuai dengan Standart Kompetensi Kurikulum 2004, dengan taraf signifikan 5% dan derajat kebebasan (db) =115 didapat rtab=0.1807 dan angka reliabilitas sebesar 0.814 dengan interpretasi tinggi untuk soal obyektif, sedangkan untuk soal uraian didapat angka reliabilitas sebesar 0.545 dengan interpretasi un-reliabel. Adapun validitas soal yang dihasilkan adalah 27 soal yang valid dari 30 soal obyektif, dan pada soal uraian didapat harga rxy=0.01212 dengan interpretasi sangat rendah. Perbandingan kemampuan daya beda pada soal obyektif yang baik sekali, baik, sedang, jelek, dan jelek sekali adalah 3:17:7:2:1, sedangkan pada soal uraian yang baik, sedang dan jelek adalah 3:1:1. Perbandingan taraf kesukaran soal obyektif yang mudah, sedang dan sukar adalah 5:23:2 sedangkan taraf kesukaran untuk soal uraian yang cukup dan terlalu mudah adalah 2:3. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu soal ulangan obyektif sudah memenuhi validitas isi, reliabel, mempunyai validitas item yang baik, belum dapat membedakan anak yang pandai dan kurang pandai, belum mempunyai kriteria perbandingan taraf kesukaran yang wajar dan option jawaban A, B, C, dan D sudah lebih banyak yang berfungsisebagai distraktor. Sedangkan untuk soal uraian sudah mempunyai validitas isi, reliabel, mempunyai validitas sangat rendah, belum bisa membedakan anak yang pandai dan kurang pandai dan hanya mempunyai soal yang taraf kesukarannya cukup dan terlalu mudah.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Analisis, Soal Ulangan Umum Semester I bentuk obyektif dan uraian.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 04 Dec 2008 04:03
Last Modified: 31 Jan 2011 06:43
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/714

Actions (login required)

View Item View Item