PENINGKATAN PEMAHAMAN DAN KREATIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE QUANTUM TEACHING DAN QUANTUM LEARNING (PTK Pada Siswa Kelas IV SD N Combongan 03, Sukoharjo)

Nurwandiyanti, Umi (2008) PENINGKATAN PEMAHAMAN DAN KREATIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE QUANTUM TEACHING DAN QUANTUM LEARNING (PTK Pada Siswa Kelas IV SD N Combongan 03, Sukoharjo). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A410040054.pdf

Download (96kB)
[img] PDF
A410040054.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman dan kreativitas siswa sekolah dasar melalui a) perhatian siswa dalam belajar matematika, b) ketrampilan siswa dalam mengerjakan soal, c) pemahaman siswa dalam mengerjakan soal, d) kreativitas siswa dalam bertanya, e) kreativitas siswa dalam mengemukakan ide, f) kreativitas dalam mengerjakan soal di depan kelas. Subyek penelitian ini adalah guru matematika atau guru kelas IV dan peneliti yang bertindak sebagai subyek pemberi tindakan. Kepala sekolah SD N Combongan 03 sebagai subyek yang membantu dalam perencanaan dan pengumpulan data, sedangkan siswa kelas IV yang berjumlah 21 siswa bertindak sebagai subyek penerima tindakan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, catatan lapangan, review, dan dokumentasi.data dianalisis secara deskriptif kualitatif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, pengumpulan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil tindakan kelas ini adalah presentasi perhatian siswa dari 42,85% menjadi 85,71%, pemahaman siswa dari 52,38% menjadi 80,95%, ketrampilan siswa dari 28,57% menjadi 76,19%, kreativitas bertanya dari 23,80% menjadi 85,71%, kreativitas mengerjakan soal di depan kelas dari 47,61% menjadi 85,71%, kreativitas mengemukakan ide dari 33,33% menjadi 80,95%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pemahaman siswa, kreativitas siswa, pembelajaran matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 04 Dec 2008 03:24
Last Modified: 31 Jan 2011 06:41
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/712

Actions (login required)

View Item View Item