PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PENGALAMAN PRIBADI DENGAN MEDIA MINIATUR PADA PESERTA DIDIK KELAS VII-A MTs NEGERI TINAWAS NOGOSARI BOYOLALI

RAHMAWATI , INAYAH (2010) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PENGALAMAN PRIBADI DENGAN MEDIA MINIATUR PADA PESERTA DIDIK KELAS VII-A MTs NEGERI TINAWAS NOGOSARI BOYOLALI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A310050149.PDF

Download (60kB)
[img] PDF
A310050149.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (615kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatkan kemampuan menulis pengalaman pribadi dengan media miniatur, mendeskripsikan peningkatkan kualitas dan hasil kamampuan menulis pengalaman pribadi siswa dengan media miniatur, dan memaparkan presepsi dan tanggapan siswa terhadap proses pembelajaran menulis pengalaman pribadi dengan media miniatur pada siswa kelas VII-A MTs Negeri Tinawas Nogosari Boyolali. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru bahasa Indonesia dan siswa kelas VII-A dan data penelitian ini adalah karangan pengalaman pribadi siswa kelas VII-sA MTs Negeri Tinawas. Teknik penggumpulan data diambil dengan menggunakan metode observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data penelitian ini dengan cara deskriptif kualitatif terdiri dari tiga tahapan analisis, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan data siswa dari siklus I sampai dengan siklus II dilengkapi dengan analisis hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kualitas nilai menulis pengalaman pribadi siswa. Nilai kemampuan menulis pengalaman pribadi siswa sebelum tindakan di dapat nilai rata-rata siswa sebesar 47,14 dan nilai rata-rata siklus I meningkat menjadi 63,9 dan nilai rata-rata siklus II meningkat menjadi 75,9. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kemampuan menulis setelah menggunakan media miniatur siswa lebih mudah menulis pengalaman pribadi daripada harus menulis pengalaman pribadi dengan pemikiran sendiri dan media miniatur dalam meningkatkan keterampilan menulis dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis pengalaman pribadi

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pengalaman pribadi, media miniatur, siklus penelitian.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 20 May 2010 07:11
Last Modified: 13 Nov 2010 05:12
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7103

Actions (login required)

View Item View Item