PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI DENGAN MEDIA LAGU PADA SISWA KELAS V SD NEGERI TAMBAKBOYO I MANTINGAN NGAWI TAHUN PELAJARAN 2008/ 2009

WIBOWO , HERMAWAN TRI SANTIYO (2010) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI DENGAN MEDIA LAGU PADA SISWA KELAS V SD NEGERI TAMBAKBOYO I MANTINGAN NGAWI TAHUN PELAJARAN 2008/ 2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A310050092.PDF

Download (35kB)
[img] PDF
A310050092.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (792kB)

Abstract

Rumusan masalah pada penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa dengan menggunakan media lagu, meningkatkan keaktifan menulis puisi dengan menggunakan media lagu sebagai media pembelajaran pada siswa kelas V SD Negeri Tambakboyo 1, Kecamatan Mantingan, Kabupaten Ngawi, Tahun Pelajaran 2008/ 2009. Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau classroom action research. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru kelas V dan siswa kelas V SD Negeri Tambakboyo 1, sedangkan data dalam penelitian ini berupa kata-kata yang diperoleh melalui hasil wawancara, kemampuan menulis puisi siswa dan keaktifan siswa pada pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan media lagu.Teknik penggumpulan data diambil dengan menggunakan metode observasi, kuesioner, catatan lapangan, tes dan dokumentasi. Analisis data penelitian ini dilakukan dengan cara analisis interaktif, terdiri dari tiga tahapan analisis, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan data siswa dari siklus I sampai dengan siklus II dilengkapi dengan analisis hasil penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan keaktifan dan peningkatan kemampuan menulis puisi dengan menggunakan media lagu. Keaktifan siswa meliputi antusiasme siswa bertanya dan menjawab pertanyaan yang diajukan guru, memperhatikan penjelasan dari guru, memberikan pendapat, mengalami peningkatan sebesar 39,5%. Pratindakan 6 orang atau 37,5%, siklus I menjadi 10 orang atau 62,5 %, dan siklus II meningkat menjadi 12 orang atau 75 % yang aktif. Kemampuan menulis puisi siswa meliputi, kesesuaian isi dengan judul, diksi, penggunaan bahasa, imaji, kata konkret, dan verifikasi. Nilai rata-rata pratindakan 62,18, siklus I 66,81 dan nilai rata-rata siswa pada siklus II 70,08. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan media lagu dapat meningkatkan keaktifan dan kemampuan menulis siswa kelas V SD Negeri Tambakboyo 1, Kecamatan Mantingan, Kabupaten Ngawi, Tahun Pelajaran 2008/ 2009.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: peningkatan keaktifan, kemampuan menulis puisi, media lagu
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 20 May 2010 06:44
Last Modified: 13 Nov 2010 05:11
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7096

Actions (login required)

View Item View Item