PENGGUNAAN MEDIA BENDA DAN PROSES PEMBAYANGAN DALAM PENGAJARAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI DI KELAS VII SMP NEGERI I PULOKULON TAHUN AJARAN 2009/2010

JAYANTI , JAYANTI (2010) PENGGUNAAN MEDIA BENDA DAN PROSES PEMBAYANGAN DALAM PENGAJARAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI DI KELAS VII SMP NEGERI I PULOKULON TAHUN AJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A310050087.PDF

Download (60kB)
[img] PDF
A310050087.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (219kB)

Abstract

Rumusan masalah yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah (1) Hal-hal apakah yang perlu diketahui dalam proses pengajaran menulis karangan deskripsi dengan menggunakan media benda dan proses pembayangan?; (2) Manakah yang lebih berhasil antara media benda dengan proses pembayangan dalam pengajaran menulis karangan diskripsi?; dan (3) Hambatan-hambatan apa yang dialami dalam pengajaran menulis karangan deskripsi dengan menggunakan media benda dan proses pembayangan? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Lebih berhasil manakah pengajaran menulis karangan dengan menggunakan media benda atau dengan menggunakan proses pembayangan; (2) Hambatan-hambatan siswa dalam menulis karangan deskripsi dengan menggunakan media benda dan proses pembayangan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan metode deskriptif kualitatif dan dihitung dengan metode statistik dengan alat bantu program Chi Square. Hasil Penelitian ini adalah: (1) Hasil mengarang deskriptif dengan menggunakan media benda lebih baik, karena objek yang ditulis dalam sebuah karangan terlihat nyata atau konkrit sehingga siswa lebih mudah dalam pendeskripsiannya; (2) Hasil mengarang deskriptif dengan menggunakan proses pembayangan kurang baik, karena objek yang akan ditulis dalam sebuah karangan tidak terlihat nyata atau abstrak sehingga siswa mengalami kesulitan dalam pendeskripsiannya; (3) Perbandingan pengajaran menulis karangan deskripsi dengan menggunakan media benda dan proses pembayangan sebesar 165,000 > 161,000, sehingga ada perbandingan yang signifikan antara pengajaran menulis karangan deskripsi dengan menggunakan media benda dan proses pembayangan, atau dengan kata lain pengajaran menulis karangan deskripsi dengan menggunakan media benda lebih baik daripada menggunakan proses pembayangan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media benda, proses pembayangan, pengajaran menulis, deskriptif
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 20 May 2010 06:36
Last Modified: 13 Nov 2010 05:11
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7094

Actions (login required)

View Item View Item