Analisa Perbandingan Fraksi Volume Komposisi Isian (Filler) Pada Serat Dan Waktu Perendaman Terhadap Sifat Mekanik Dalam Pembuatan Komposit Dari Abu Sekam Padi Dan Limbah Rambut Manusia Pada Aplikasi Komponen Interior Mobil

Muhammad Zainal Arifin, Arifin and , Eni Budiyati, S.T., M.Eng (2019) Analisa Perbandingan Fraksi Volume Komposisi Isian (Filler) Pada Serat Dan Waktu Perendaman Terhadap Sifat Mekanik Dalam Pembuatan Komposit Dari Abu Sekam Padi Dan Limbah Rambut Manusia Pada Aplikasi Komponen Interior Mobil. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (668kB) | Request a copy
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
SURAT PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (288kB) | Request a copy

Abstract

Komposit adalah material baru yang dihasilkan dari gabungan dua material atau lebih. Pembuatan komposit, dilakukan pre-treatment serat rambut dengan merendamnya ke dalam larutan NaOH dengan konsentrasi 5% dan variasi waktu 30, 60 dan 90 menit. Kemudian dicuci dan dikeringkan dan dicampur dengan filler abu sekam padi dengan perbandingan serat rambut dan sekam padi dengan variasi 10:30, 20:20, 30:10 dan dicampur resin epoxy dan resin hardener 1:1. Resin yang digunakan sebanyak 40%. komposit lalu dicetak dan ditekan. Dilakukan dua pengujian yaitu uji impact dan uji tarik. Dari hasil penelitian didapatkan hasil kekuatan tarik maksimum komposit pada variasi perbandingan 20:20 rambut dan abu sekam padi dan waktu perendaman NaOH 30 menit yaitu sebesar 140 MPa. Kekuatan impact maksimum komposit pada perbandingan 20:20 rambut dan abu sekam padi dengan waktu perendaman 60 menit yaitu sebesar 1,9 Joule.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: compisite, tensile test, impact test, hair fibers, rice husk as
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
T Technology > TP Chemical technology
T Technology > TS Manufactures
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Kimia
Depositing User: MUHAMMAD ZAINAL ARIFIN
Date Deposited: 11 Feb 2019 08:06
Last Modified: 11 Feb 2019 08:45
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/70810

Actions (login required)

View Item View Item