ANALISIS PROSES BERPIKIR SISWA DALAM BELAJAR GEOMETRI BERDASARKAN TEORI BELAJAR VAN HIELE (Pada Siswa Kelas V SD Negeri Pabelan 1 Kartasura Tahun Ajaran 2007/2008)

Aini, Trias Nur (2008) ANALISIS PROSES BERPIKIR SISWA DALAM BELAJAR GEOMETRI BERDASARKAN TEORI BELAJAR VAN HIELE (Pada Siswa Kelas V SD Negeri Pabelan 1 Kartasura Tahun Ajaran 2007/2008). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A410030145.pdf

Download (100kB)
[img] PDF
A410030145.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (465kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana tahapan proses berpikir siswa dalam belajar geometri dan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi proses berpikir siswa dalam belajar geometri berdasarkan tahap belajar model Van Hiele. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang dilakukan pada siswa kelas V SD Negeri Pabelan 1 Kartasura tahun ajaran 2007/2008. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, metode tes dan metode wawancara. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa proses berpikir siswa dalam belajar geometri dimulai dari pembentukan suatu konsep bangun datar kemudian proses penyelesaian masalah. Sedangkan faktor yang mempengaruhi siswa dalam belajar geometri adalah cara siswa belajar, motivasi dan minat siswa dalam belajar geometri. Selain itu dapat disimpulkan pula bahwa prosentase penguasaan proses berpikir siswa dalam belajar geometri pokok bahasan luas dan keliling bangun datar pada tahap pengenalan sebesar 94,57 % tergolong sangat tinggi, tahap analisis sebesar 73,91 % tergolong tinggi, tahap pengurutan sebesar 39,13 % tergolong rendah dan tahap deduksi sebesar 20,26 % tergolong rendah.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: proses berpikir, geometri, tahap belajar model Van Hiele.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 03 Dec 2008 04:24
Last Modified: 31 Jan 2011 06:49
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/705

Actions (login required)

View Item View Item