MINAT PENGANUT ALIRAN KEPERCAYAAN (KEBATINAN) TERHADAP IMPLEMENTASI PENDIDIKAN ISLAM BAGI KELUARGA (Studi Kasus di Desa Gading Kecamatan Tugu Kabupaten Trenggalek Jawa Timur, Tahun 2005)

Tamrin, Husni (2006) MINAT PENGANUT ALIRAN KEPERCAYAAN (KEBATINAN) TERHADAP IMPLEMENTASI PENDIDIKAN ISLAM BAGI KELUARGA (Studi Kasus di Desa Gading Kecamatan Tugu Kabupaten Trenggalek Jawa Timur, Tahun 2005). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
O000040006.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
O000040006.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi pendidikan Islam bagi keluarga penganut Aliran Kepercayaan di Desa Gading Kecamatan Tugu Kabupaten Trenggalek Jawa Timur dan problematika serta solusi yang dilakukan penganut Aliran Kepercayaan dalam mengimplementasikan pendidikan Islam bagi keluarga. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan (Field Research) yang merupakan studi tentang Minat Penganut Aliran Kepercayaan (Kebatinan) Terhadap Implementasi Pendidikan Islam Bagi Keluarga di Desa Gading Trenggalek. Sumber data diperoleh melalui wawancara, dokumentasi dan observasi. Wawancara dilakukan dengan beberapa tokoh Aliran Kepercayaan, tokoh masyarakat, anggota keluarga penganut Aliran Kepercayaan untuk mendapat data mengenai minat penganut Aliran Kepercayaan (Kebatinan) terhadap implementasi pendidikan Islam bagi keluarga. Dalam pengambilan sample, digunakan teknik purposive sampling, sebab dipilihnya responden tersebut berdasar pada pertimbangan tujuan penelitian. Dalam penganalisaan data dilakukan melalui tiga tahap, yakni reduksi data, penyajian data dan verifikasi data atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat penganut Aliran Kepercayaan (Kebatinan) terhadap implementasi pendidikan Islam bagi keluarga di Desa Gading Trenggalek sangat tinggi, seperti mengikuti pengajian rutinitas yang dilaksanakan setiap minggu ke dua oleh pengurus ranting Muhammadiyah Desa Gading Trenggalek, mendengarkan ceramah-ceramah keagamaan maupun kegiatan-kegiatan keagamaan lainnya. Selain itu penganut Aliran Kepercayaan (Kebatinan) “mu’allaf” dan keluarga juga menemukan kehidupan baru setelah mendapatkan bimbingan tentang ajaran Islam, disamping beberapa ilmu pengetahuan dan bekal ketrampilan membaca al-Qur’an, antara lain bahwa seluruh aspek religiusitas keluarga penganut Aliran Kepercayaan “mu’allaf” meningkat baik dan aspek aqidahnya semakin kuat, aspek ibadahnya semakin loyal serta aspek pengetahuannya semakin memadai. Pada hakikatnya konsep Aliran Kepercayaan (Kebatinan) menekankan pada ajaran Manunggaling Kawulo Gusti serupa dengan ajaran Ibn al-Arabi dan para pengikutnya yang dinamai Wahdat al-Wujud “bahwa yang maujud atau segala yang ada ini hanyalah “satu” dan “tunggal” tidak dapat dibagi atau di duakan”. Ajaran tersebut dinilai sangat sesat karena nilai-nilai kemusyrikan mengalir di dalamnya. Sesungguhnya mereka telah menduakan Allah SWT., dan menyamakan dirinya dengan Diri-Nya. Inilah bentuk kemusyrikan yang terkadang tidak begitu dipedulikan oleh seseorang atau kelompok yang mendalami wahdat al-wujud atau ajaran Manunggaling Kawulo Gusti seperti yang di ajarankan oleh Syekh Siti Jenar. Karena ajaran kebatinan di nilai menyesatkan, maka para mu’allaf dari penganut Aliran Kepercayaan (Kebatinan) di Desa Gading ingin memperdalam ajaran agamanya lewat agama Islam. Karenanya Islam dianggap mampu untuk menuju Sang Widi (Tuhan), yaitu dengan cara sholat dan berdzikir serta mengamalkan ajaran-Nya. Sehingga keluarga mereka dituntut untuk mendalami ajaran Islam secara keseluruhan lewat pendidikan Islam. Problem utama dalam mengimplementasikan pendidikan Islam di keluarga adalah minimnya pengetahuan orang tua tentang Islam, sulitnya menghilangkan unsur mistik di keluarga, sulitnya memahami maksud ayat yang tersirat di dalam al-Quran, dan masih banyak dari kalangan keluarga yang kurang bisa baca tulis bahasa Arab.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: MINAT PENGANUT ALIRAN KEPERCAYAAN (KEBATINAN) TERHADAP IMPLEMENTASI PENDIDIKAN ISLAM BAGI KELUARGA
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Pemikiran Islam
Depositing User: Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 17 May 2010 05:01
Last Modified: 15 Nov 2010 07:02
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7020

Actions (login required)

View Item View Item