Ristiana, Hanik (2008) EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS KOMPUTER DENGAN PENDEKATAN RME PADA POKOK BAHASAN LINGKARAN (Eksperimen di MTs PPMI Assalam Tahun Ajaran 2007/2008). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF
A410040104.pdf Download (63kB) |
|
PDF
A410040104.pdf Restricted to Repository staff only Download (397kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar matematika antara siswa yang diajar dengan menggunakan media komputer dengan siswa yang diajar dengan menggunakan media Konvensional dalam proses belajar mengajar matematika dengan pendekatan RME pada pokok bahasan lingkaran. Populasi terdiri dari enam kelas, yaitu siswa kelas delapan MTS PPMI Assallam tahun ajaran 2007/2008 dan diambil sampel 55 siswa dari dua kelas dengan teknik cluster random sampling. Data dikumpulkan melalui metode tes, metode observasi, dan metode dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji t-tes dengan pengujian persyaratan uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai t-tes = 9,324 dan ttabel= 1,674 pada taraf signifikansi α = 5%. Karena t-tes>ttabel maka H0 ditolak yang berarti bahwa terdapat perbedaan prestasi belajar matematika siswa. Prestasi belajar matematika siswa yang diajar dengan media komputer lebih baik daripada siswa yang diajar dengan media konvensionl. Hal itu ditunjukkan dengan nilai rata-rata pada kelas ekperimen lebih besar dibanding nilai rata-rata kelas kontrol, yaitu 8,676 untuk kelas eksperimen dan 4,677 untuk kelas kontrol.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media pembelajaran berbasis komputer, pendekatan RME, lingkaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 03 Dec 2008 03:54 |
Last Modified: | 24 Oct 2011 07:05 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/702 |
Actions (login required)
View Item |