MANAJEMEN PENDIDIKAN INKLUSI DI SEKOLAH DASAR NEGERI KLEGO 1 KABUPATEN BOYOLALI

ISTININGSIH , ISTININGSIH (2005) MANAJEMEN PENDIDIKAN INKLUSI DI SEKOLAH DASAR NEGERI KLEGO 1 KABUPATEN BOYOLALI. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
Q100030097.pdf

Download (77kB)
[img] PDF
Q100030097.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (238kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran tentang manajemen rekrutmen/identifikasi anak, manajemen kurikulum pada pendidikan inklusi, manajemen sumber dana, manajemen pengadaan dan pembinaan tenaga kependidikan, manajemen pengelolaan sarana prasarana, manajemen kegiatan belajar mengajar /perangkat KBM, manajemen pemberdayaan masyarakat pada pendidikan inklusi. Permasalahan pokok yang dianalisis dalam penelitian ini adalah manajemen pendididkan inklusi. Penelitian ini dfokuskan pada persiapan dan pelaksanaan pendidikan inklusi. Sumber informasi diperoleh dari kepala sekolah, para guru, siswa, serta masyarakat orang tua siswa dan pihak terkait lainnya. Data diperoleh dengan teknik hubungan lapangan, observasi partisipatif, interpretative dengan metode kualitatif. Hasil analisis deskriptif, interpretative menyimpulkan bahwa dilihat dari manajemen pendidikan inklusi di Sekolah Dasar Negeri Klego 1 Boyolali cukup bagus. Tujuan yang ingin dicapai cukup idial, hal itu tercermin dalam manajemen rekrutmen/identifikasi anak yang dilakukan oleh para guru dan para pembimbing khusus bagi anak yang membutuhkan pelayanan khusus telah memperolih hasil yang cukup bagus, manajemen kurikulum yang memadukan kurikulum reguler yang disesuaiakan dengan mempertimbangkan kondisi anak yang memerlukan pelayanan khusus, manajemen sumber dana yang mecakup APBN, subsidi propinsi, subsidi kabupaten dan subsidi khusus pendidikan inklusi, manajemen pengadaan dan pembinaan tenaga kependidikan yang terdiri dari guru kelas biasa/reguler dan guru pembimbing khusus bagi anak yang memerlukan pelayanan pendidikan khusus yang tetap mengutamakan pembinaan profesi dan pembinaan karir, manajemen pengelolaan sarana prasarana yang mencakup sarana umum dan sarana khusus bagi anak yang memerlukan pelayanan khusus, manajemen kegiatan belajar mengajar /perangkat KBM yang mencakup pembelajaran umum seperti halnya sekolah reguler yang dipadukan pembelajaran khusus bagi anak yang memerlukan pelayan pendidikan khusus, serta manajemen pemberdayaan masyarakat yang dilakukn secara optimal sehingga diperoleh sinergi kerjasama yang baik antara pihak sekolah dengan masyarakat. Berdasarkan hasil penelitian ini di sarankan kepada Sekolah Dasar Negeri Klego 1 Boyolali lebih meningkatkan manajemen pelaksanaan pendidikan inklusi agar diperolih hasil yang optimal. dan penelitian ini dapat digunakan sebagai informasi atau sebagai acuan awal bagi peneliti selanjutnya.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pendidikan inklusi, kualitatif.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 17 May 2010 04:15
Last Modified: 15 Nov 2010 07:07
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7014

Actions (login required)

View Item View Item